EASA memberi lampu hijau: Eropa tidak melihat perlunya bertindak pada Airbus A350

Qatar telah melarang penerbangan 13 Airbus A350 Qatar Airways. Otoritas Penerbangan Eropa Easa telah menganalisis masalah dengan lapisan badan pesawat – dan belum mengidentifikasi masalah terkait keselamatan.

Apakah itu hanya “beberapa penyimpangan pada lapisan permukaan”, seperti yang diklaim Airbus? Atau sebenarnya ada masalah yang lebih besar dan lebih sistematis dengan A350 seperti yang dialami Qatar Airways? Pabrikan pesawat dan maskapai nasional UEA di Teluk Persia saat ini sedang berdebat tentang masalah ini.

Qatar Airways minggu lalu 13 Airbus A350 ditarik dari layanan. Maskapai ini mengeluh bahwa permukaan badan pesawat di bawah cat telah aus “lebih cepat dan lebih cepat”. Penahanan itu dilakukan atas instruksi otoritas penerbangan Qatar, katanya.

Tidak ada bukti masalah struktural

Berbeda dengan QCAA Otoritas Penerbangan Sipil Qatar, Otoritas Penerbangan Eropa melihat tidak perlu bertindak terkait dengan Airbus A350. Seorang juru bicara EASA menyadari kerusakan cat dan lapisan pelindung beberapa A350 sejak akhir tahun lalu. Masalah ini diselidiki dengan Airbus dan maskapai yang terkena dampak untuk menentukan apakah ada risiko kelaikan udara.

Ternyata tidak ada yang ditemukan. “Berdasarkan data yang diberikan, tidak ada indikasi bahwa kerusakan cat dan lapisan pelindung mempengaruhi struktur pesawat atau menyebabkan risiko lain,” kata juru bicara EASA kepada aeroTELEGRAPH. “Tidak ada maskapai lain yang melaporkan kerusakan pada cat dan alat pelindung.”

Easa dalam percakapan dengan Otoritas Penerbangan Sipil Qatar

Dari lingkungan Airbus, sudah terindikasi bahwa kerusakan telah diamati pada permukaan tertentu dari A350. Namun, ini tidak akan berdampak pada kelaikan udara. Inspeksi yang tidak terjadwal tidak diperlukan. EASA kini telah secara resmi mengkonfirmasi penilaian ini.

READ  5 Saham ini 'dibuang' oleh asing saat IHSG 2% terbang

Namun demikian, otoritas penerbangan Eropa sedang berbicara dengan mitra Qatar-nya. Kami ingin “menentukan apakah tindakan terbaru terkait dengan masalah kelaikan udara dari jenis pesawat,” kata juru bicara itu.

Written By
More from Hulwi Zafar
Ini bagus! Ada telekomunikasi paket internet murah untuk menghilangkan kuota, betapa mudahnya mendapatkannya
Telekomunikasi Enak banget, ada paket internet telekomunikasi murah untuk menghilangkan kuota, cara...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *