Dua gempa bumi mengguncang pulau Sumatera di Indonesia – Südtirol News

Tidak ada peringatan tsunami

Rabu 19 Agustus 2020 | 07:05

Dua gempa bumi dahsyat di lepas pantai mengguncang pulau Sumatera di Indonesia pada hari Rabu. Gempa 6,8 dan 6,9 skala Richter terjadi pada pukul 5:23 pagi dan 5:29 pagi waktu setempat, seperti dilansir stasiun pemantau gempa USGS. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan. Awalnya, tidak ada yang diketahui tentang cedera atau kerusakan tersebut.

Gempa bumi masih kuat di Indonesia. Negara kepulauan terletak di apa yang disebut Cincin Api Pasifik, tempat beberapa lempeng tektonik bertemu dan di mana aktivitas seismik sangat tinggi. Pada tahun 2018, lebih dari 4.300 orang meninggal atau hilang dalam gempa bumi berkekuatan 7,5 dan tsunami di pulau Sulawesi.

Yang lebih dahsyat adalah gempa bumi berkekuatan 9,1 yang diikuti oleh tsunami pada Natal 2004: sekitar 220.000 orang meninggal di beberapa negara di Samudera Hindia, termasuk 170.000 di Indonesia.

Sehari setelah gempa bumi 6,6 yang parah, ratusan gempa susulan melanda pulau Masbate Filipina di Filipina tengah. Pada gempa Selasa pagi di dekat kota Cataingan, sekitar 430 kilometer selatan Manila, satu orang tewas dan 48 orang luka-luka. Pihak berwenang pada hari Rabu meminta warga untuk menjauh dari rumah dan bangunan yang rusak karena risiko runtuh.

Dari: APA / ag.

READ  Sahib, Tata Jeneta resmi menikah lagi
Written By
More from Mujahid Jaffer

Hanya sebulan setelah pernikahan, artis Dangudit ini meninggal

Jakarta – Kabar duka datang dari dunia hiburan di Tanah Air. Pedang...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *