DSW menempatkan 30.000 investor Wirecard melawan EY

DAsosiasi Jerman untuk Perlindungan Sekuritas (DSW) perusahaan audit EY ingin mendorong cara untuk memberikan kompensasi kepada investor Wirecard di luar pengadilan. Untuk tujuan ini, setelah sekitar satu tahun persiapan, DSW mendirikan yayasan nirlaba di bawah hukum Belanda. Menurut DSW, dana kompensasi Belanda seharusnya tidak hanya menyasar EY Jerman. tetapi juga EY Global, yaitu jaringan auditor internasional yang dimiliki oleh EY cabang Jerman yang bertanggung jawab untuk memeriksa perputaran Wirecard.

Dengan instrumen ini, DSW ingin mengkonsolidasikan klaim dari 30.000 investor swasta terdaftar dan kerugian total 1,5 miliar euro. Investor lain dapat bergabung secara gratis jika mereka belum menuntut EY atas kerugian atas kerugian Wirecard mereka melalui cara lain. Ini juga berlaku untuk investor yang tidak berbasis di Jerman. CEO DSW Marc Tüngler pada hari Rabu menggambarkan yayasan tersebut sebagai “mungkin solusi yang sedikit lebih cerdas” dibandingkan dengan alternatif lain. Ini adalah uji kasus investor terhadap EY, yang pembukaannya saat ini sedang diperiksa oleh Mahkamah Agung Bavaria. Selain itu, pada bulan Maret ada 900 tuntutan hukum individu terhadap EY oleh korban Wirecard di Pengadilan Regional Munich.

Cara ketiga menuju gawang terbuka

Investor sekarang memiliki tiga cara untuk mendapatkan kemungkinan kompensasi dari auditor: yayasan Belanda dengan dana kompensasi, kasus uji investor dan gugatan individu. Kesamaan mereka adalah bahwa pemegang saham dan kreditur mantan deputi Dax yang bangkrut pada Juni 2020 kartu kabel Klaim ganti rugi dari auditor EY yang bertanggung jawab atas perusahaan. EY telah memverifikasi dan mensertifikasi neraca tahunan Wirecard sejak 2009, yaitu mengkonfirmasi kepatuhan omset dengan peraturan hukum. EY hanya menolak sertifikat untuk akun tahunan 2019, dan Wirecard harus mengakui bahwa 1,9 miliar euro hilang. Pengajuan kebangkrutan segera menyusul.

READ  Dua limbah ruang angkasa besar tidak akan bertabrakan: Ozone Techno

Menurut Andreas Lang, partner di firma hukum Nieding+Barth, Wirecard seharusnya merugi dan bukannya untung pada 2017. Firma audit KPMG, yang kemudian disebut sebagai auditor khusus, kemudian langsung mengakui dan tanpa metode forensik bahwa ada tidak ada konfirmasi adanya saldo bank yang diduga tinggi. EY belum memperoleh konfirmasi ini dari pihak ketiga yang independen. Untuk auditor Ulrich Harnacke, yang merupakan bagian dari presidium DSW, oleh karena itu jelas sejak awal bahwa EY telah melanggar rutinitas audit dasar pada tahap ini.

Written By
More from Hulwi Zafar
Setoran tunai: aturan baru di Volksbank, Sparkasse & Co.
RTL.de> 14. Agustus 2021 – 12:05 jam Melawan pencucian uang Nasabah bank...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.