Ditangkap karena karya seni Ka’bah di Turki

TIDAKSetelah menggantung gambar yang menunjukkan tempat suci Islam dengan bendera pelangi, empat orang ditangkap di Turki karena “merendahkan Islam”. Kantor gubernur Istanbul mengatakan pada Sabtu bahwa dua tersangka lainnya masih dicari sehubungan dengan “serangan menjijikkan” itu.

Menteri Dalam Negeri Süleyman Soylu menulis di Twitter tentang penangkapan “empat perwakilan LGBT yang abnormal”. LGBT adalah singkatan dari lesbian, gay, biseksual dan transgender, bendera pelangi merupakan simbol dari gerakan LGBT. Karya seni yang menjadi keberatan bukanlah kebebasan berekspresi atau kebebasan demonstrasi, tulis juru bicara Presiden Recep Tayyip Erdogan. “Anomali ini akan menerima hukuman yang layak menurut hukum.”

Karya seni dengan Ka’bah di Mekah dan bendera pelangi digantung di depan rektorat Universitas Bogazici di Istanbul pada hari Jumat. Para pengunjuk rasa telah memprotes selama berminggu-minggu penunjukan Erdogan dari mantan politisi dari partai AKP yang berkuasa sebagai rektor universitas.

Pada tahun-tahun sebelumnya, rektor universitas Turki dipilih secara internal, tetapi setelah upaya kudeta 2016, Erdogan diberikan akses ke universitas. Di Universitas Bogazici, tempat berbagai acara diadakan dalam bahasa Inggris, komunitas mahasiswa sayap kiri yang kuat telah berkumpul selama bertahun-tahun.

READ  Facebook Rupanya Membayar $ 650 Juta sebagai Kompensasi Pelanggaran Privasi
Written By
More from Lukman Haq

Pramugari mengatakan bahwa mereka telah menjual LPG untuk menghubungkan kehidupan mereka.

Manila, Kompas.com – Mantan pramugari, pramugara Rumah Filipina, Maurice Morin Avila, pindah...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *