Debian 11 Bullseye dirilis dengan dukungan lima tahun

Basisnya adalah seri kernel 5.10. Debian sekarang mengintegrasikan protokol IPP-over-USB, yang dengannya printer modern dapat digunakan tanpa driver.

Proyek di balik distribusi Debian Linux telah Debian 11 diterbitkan dengan nama kode “Bullseye”. Debian 11 menggantikan Debian 10 “Buster” yang diperkenalkan pada tahun 2019. Debian juga merupakan sistem operasi dasar untuk distribusi Linux lainnya seperti Ubuntu dari Resmi dan Pai raspberry ANDA.

Debian 11 didukung selama lima tahun. Sistem operasi ini didasarkan pada seri kernel Linux 5.10, yang dirilis pada bulan Desember dengan dukungan jangka panjang selama dua hingga enam tahun. Berbagai lingkungan desktop tersedia untuk Debian 11, termasuk Gnome 3.38, KDE Plasma 5.20, LXDE 11, LXQt 0.165, Mate 1.24, dan Xfce 4.16.

Antara lain, dukungan kernel untuk sistem file exFAT, yang digunakan oleh drive USB dan kartu SD, masih baru. Ini berarti Debian tidak lagi membutuhkan paket exFAT Fuse. Paket ipp-usb baru mengintegrasikan Internet Printing over USB (IPP over USB) protokol. Ini dapat digunakan untuk mengontrol printer USB modern tanpa menginstal driver. Menurut tim Debian, sistem operasi sekarang memiliki lebih dari 59.000 paket perangkat lunak siap pakai, termasuk 11.294 paket baru.

READ  Tur penemuan: "Assassin's Creed Valhalla" masuk ke mode pembelajaran
Written By
More from Munir Rad
Bocoran Detail Ponsel Mewah Oppo Find X3 Pro
VVA – Nanti Op Lini Find X generasi berikutnya akan tersedia pada...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *