Cincin api Pasifik membunuh puluhan orang di Sulawesi, Indonesia


Indonesia berada di Cincin Pasifik. Berkali-kali, alam menunjukkan kekuatannya dalam gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi. Gempa kuat mengguncang pulau Sulawesi. IKLAN. Kenangan darurat tahun 2018 diaktifkan.

Gempa bumi dahsyat di pulau Sulawesi Indonesia di tengah malam membangunkan dan menyebabkan kematian dan kehancuran.

Menurut Pertahanan Sipil, lebih dari 40 orang tewas dalam gempa hari Jumat, tetapi lebih banyak lagi yang diyakini berada di bawah reruntuhan. Menurut Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional, 600 orang terluka, 200 serius. Video dan foto menunjukkan pelayat dan layanan darurat mencari korban selamat.

Lokasi jatuhnya pesawat berada di bagian barat Sulawesi. Pusat gempa dilaporkan 10 kilometer (3 mil) dari kekuatan gempa. Para penjelajah juga menggunakan bor dan derek. Tetapi sebagian besar rumah di reruntuhan, tanpa alat untuk mencari tanda-tanda kehidupan, melintasi puing-puing setinggi beberapa meter.

Antara lain, para pejabat mengatakan bahwa dua rumah sakit, sebuah hotel dan gedung pemerintah daerah di ibu kota provinsi, Mamuju, hancur sebagian. “Kami berusaha menyelamatkan orang-orang dari gedung administrasi. Kami dapat mendengar suara mereka tetapi mereka tidak dapat bergerak,” kata Mohammed Idris, juru bicara rezim tersebut.

Menurut Pertahanan Sipil, beberapa tanah longsor telah terjadi di wilayah tersebut dan banyak jalan telah terkubur. Ribuan orang meninggalkan rumah mereka. Catu daya juga gagal. Gempa berkekuatan 5,9 SR mengguncang wilayah itu pada Kamis.

Sebuah video yang dirilis oleh Pertahanan Sipil menunjukkan seorang gadis kecil berteriak minta tolong di bawah reruntuhan rumah yang menderita. “Ada empat orang di luar sana tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa karena kami tidak memiliki alat berat,” kata suara laki-laki dalam video tersebut. Dalam video lain, seorang wanita menangis menunjuk ke reruntuhan rumahnya dan berkata, “Bayi saya ada di sana.”

READ  Jika itu untuk para uskup, silakan saja

Para ahli memperingatkan bahwa tsunami bisa lebih parah dari yang sebelumnya. Kemudian bisa terjadi tanah longsor, yang bisa menyebabkan gelombang besar, Badan Meteorologi dan Geofisika melaporkan. Orang-orang di dekat pantai harus segera menanggapi peringatan tsunami jika mereka merasakan getaran apapun. Namun, masyarakat diimbau untuk tidak mengungsi ke pegunungan karena daratan bisa tergerus.

Agen Mengingat gempa berkekuatan 7,5 SR 2018 di Sulawesi, tiga meter setelah gempa, mengguncang kota Palu dan masyarakat sekitarnya. Kedua bencana alam itu menewaskan lebih dari 4.000 orang.

Presiden Indonesia Joko Widodo telah menjanjikan bantuan segera. “Saya telah mengambil tindakan segera untuk menyelamatkan orang dan merawat yang terluka,” katanya. Menurut Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional, mesin pencari pesawat angkut Hercules C-130 dan layanan darurat juga sedang dalam perjalanan ke tempat kejadian.

Sulawesi terletak di antara Kalimantan dan New Guinea. Indonesia berada di Cincin Pasifik. Di bagian selatan pulau, dataran tinggi Indo-Australia didorong ke bawah dataran tinggi Eurasia, menyebabkan seringnya gempa bumi dan letusan gunung berapi di wilayah tersebut.

© dpa-infocom, dpa: 210115-99-33274 / 7 (DP)

Laporkan Antara News

Video yang menunjukkan kerusakan

Laporkan Berita Portal Berita Dotic

Written By
More from Saddam Javed
Vaksin Covide-99 China telah berhasil diuji dalam uji klinis, lapor Ozone News
Meskipun terbukti meningkatkan kekebalan, penelitian pada April dan Mei tidak mengatakan seberapa...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.