China menurunkan hubungan diplomatik dengan Lituania

Dalam beberapa bulan terakhir, ketegangan antara China dan Taiwan telah meningkat secara dramatis. Taipei kini telah membuka agen di Lithuania – sebuah “tindakan yang sangat mengerikan” untuk China.

China menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Lithuania, negara Uni Eropa, karena sengketa Taiwan. Hubungan itu akan diturunkan ke tingkat kuasa usaha untuk menjaga “kedaulatan Cina dan standar dasar hubungan internasional”, kata Kementerian Luar Negeri di Beijing pada Minggu.

Beberapa hari yang lalu, Taiwan membuka sebuah badan dengan namanya sendiri di Vilnius, ibu kota Lituania, dengan demikian menegaskan klaim kemerdekaannya dari Beijing. China mengutuknya karena menganggap Taiwan sebagai provinsi separatis, tetapi itu adalah “bagian tak terpisahkan dari wilayah China”.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri China pada hari Kamis mengatakan pembukaan konsulat resmi Taiwan di luar negeri adalah “tindakan yang sangat memalukan.” Beijing menuntut “bahwa pihak Lituania segera memperbaiki keputusan buruk ini”.

Hanya beberapa negara yang secara resmi mengakui Taiwan sebagai negara

Ketika Lituania pada dasarnya mengizinkan Taiwan untuk beroperasi dengan namanya sendiri di Vilnius pada Juli, China menarik duta besarnya dan meminta pemerintah Lituania untuk menarik duta besarnya untuk Beijing juga. Selain itu, China telah menghentikan kereta barang ke Lithuania dan tidak lagi memberikan izin impor makanan kepada negara tersebut.

Khawatir akan pembalasan China, Taiwan biasanya menyebut kedutaan besar de facto di luar negeri sebagai “Misi Taipei”. Sebaliknya, misalnya, misi diplomatik Jerman di ibu kota Taiwan, Taipei, juga tidak resmi menjadi kedutaan, tetapi disebut “institut Jerman”. Namun, pada hari Kamis, Taipei mengumumkan bahwa “kantor perwakilan Taiwan” di Vilnius telah “secara resmi mulai beroperasi.”

READ  Kanselir Austria Kurz tetap menjabat meskipun ada tuduhan korupsi

Setelah puluhan tahun mendapat tekanan dari Beijing, hanya beberapa negara yang secara resmi mengakui Taiwan sebagai sebuah negara. Namun, baru-baru ini, negara-negara Eropa Timur lainnya seperti Republik Ceko dan Slovakia telah bergerak lebih dekat ke Taipei lagi meskipun ada protes dari China.

Dalam beberapa bulan terakhir, ketegangan antara Beijing dan Taipei kembali meningkat secara dramatis. Beijing mengancam untuk menyatukan pulau yang diperintah secara demokratis dengan daratan komunis dengan paksa jika perlu. Kekuatan pelindung AS berada di belakang pemerintah Taipei.

Written By
More from Lukman Haq
Afghanistan: Taliban ingin menaklukkan lembah Penjir dan mematahkan perlawanan terakhir – kebijakan luar negeri
Tembakan senapan mesin mengguncang lembah Penjir di Afghanistan utara! Lima hari yang...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *