Cara mengamankan Wi-Fi Anda

Kesalahan perangkat lunak atau antarmuka yang salah konfigurasi dapat membuat router rumah Anda menjadi pintu gerbang bagi peretas. Berikut adalah sepuluh Kiat keamanan yang harus dipertimbangkan pengguna saat menyiapkan jaringan rumah mereka.

Setelah perute dikonfigurasi, kotak kecil sering kali dengan cepat dilupakan – kecuali jika Internet tiba-tiba mati atau ada masalah.

Sebaiknya periksa pengaturan keamanan jaringan rumah Anda dari waktu ke waktu. Karena jika Anda mengabaikan keamanan router, Anda membahayakan seluruh jaringan rumah.

Seri foto dengan 14 gambar

Peretas dapat mengeksploitasi kerentanan untuk menginfeksi komputer, ponsel cerdas, atau perangkat rumah pintar yang terhubung dan menambahkannya ke botnet, misalnya.

Jadi, tanpa sepengetahuan pemiliknya, jaringan rumah menjadi penyembur spam dan virus, hub cryptomining, atau titik awal untuk penipuan telepon dan Internet.

Kantor Federal untuk Keamanan Informasi (BSI) karena itu telah menerbitkan panduan untuk keamanan lebih pada router. Di situs web ‘BSI for Citizens’, otoritas memberikan panduan tentang bagaimana konsumen dapat AKSES INTERNET NIRKABEL– Kemampuan untuk mengamankan jaringan dari penyerang.

Walaupun tidak ada kepastian yang mutlak. Tetapi setiap pengguna dapat secara signifikan meningkatkan perlindungan terhadap penyalahgunaan koneksi Internet dan telepon mereka dengan mengikuti sepuluh tip di bawah ini:

1. Tetap perbarui sistem operasi

Router juga memiliki sistem operasi. Pembaruan menghadirkan fitur baru dan memperbaiki kerentanan keamanan. Oleh karena itu, Anda harus – jika memungkinkan – mengaktifkan pembaruan otomatis di menu perute atau memeriksa pembaruan secara berkala di halaman pengaturan perute.

2. Nonaktifkan Akses Jarak Jauh

Misalnya, banyak router menawarkan untuk menghubungkan hard drive yang terhubung ke Internet. Fitur praktis ini mungkin rentan dan harus dinonaktifkan di menu pengaturan seperti fitur router yang tidak digunakan. Ini menunjukkan jika dan opsi akses jarak jauh mana yang aktif di router Uji keamanan portal khusus “Heise online”.

READ  UE menerima pengambilalihan MGM: James Bond mendekati Amazon

3. Konfigurasi router nirkabel melalui koneksi kabel

Meskipun lebih nyaman melalui WLAN, Anda harus menghubungkan komputer Anda ke router melalui LAN atau kabel USB untuk konfigurasi sebelum commissioning pertama dan untuk semua pekerjaan pemeliharaan.

4. Segera ganti password WiFi

Kata sandi Wi-Fi prasetel tidak aman, dapat ditebak dan dipecahkan. Oleh karena itu, pengguna harus menetapkan kata sandi kompleks mereka sendiri dengan setidaknya 20 karakter.

Jika tidak diubah, ada risiko penyerang akan membaca kata sandi yang ditentukan oleh pabrikan, misalnya menggunakan aplikasi khusus. Saat membuat perubahan, Anda juga harus memeriksa apakah enkripsi aman WPA2 diaktifkan.

5. Ubah kata sandi admin

Kata sandi yang Anda gunakan untuk mengakses menu pengaturan sensitif perangkat seringkali sama untuk beberapa atau semua perute dari satu pabrikan. Atau perlindungan kata sandi bahkan tidak diaktifkan. Sangat penting untuk menetapkan kata sandi individual dan aman di sini.

6. Ubah nama jaringan

Pengguna harus memberi WLAN mereka nama jaringan baru (SSID) karena yang default sering kali berisi nama pabrikan dan jenis perangkat, yang dapat dieksploitasi oleh penyerang jika kerentanan tidak ditambal.

SSID baru tidak boleh memiliki hubungan dengan pemilik koneksi Internet, yaitu tidak boleh berisi nama depan atau belakang, jalan, tempat, atau yang serupa.

7. Panggil menu pengaturan melalui https

Menu router dapat dipanggil dengan browser apa pun dengan memasukkan alamat yang ditentukan oleh pabrikan – misalnya 192.168.2.1 atau “fritz.box” – di baris alamat.

Namun, pastikan untuk memanggil menu melalui koneksi yang aman. Hal ini dapat dikenali dengan singkatan “https”. Untuk keamanan tambahan, tidak ada situs web lain yang boleh dibuka saat Anda membuat pengaturan.

READ  PayPal memperkenalkan metode pembayaran baru: ini membawa manfaat ini bagi pengguna

8. PIN WPS Dinonaktifkan

“Wi-Fi Protected Setup” (WPS) adalah standar untuk menyiapkan jaringan WLAN terenkripsi. Namun, WPS dengan PIN yang dapat dibaca dari stiker atau layar pada perangkat dapat diretas dengan cepat dan harus dinonaktifkan.

9. Jangan Biarkan Wi-Fi Aktif 24/7

Prinsip keamanannya sederhana namun efektif: nonaktifkan WLAN saat tidak diperlukan – misalnya di malam hari, saat Anda jauh atau berlibur. Karena apa yang tidak terhubung tidak bisa diserang. Banyak router menawarkan penghitung waktu praktis di menu pengaturan.

10. Berselancar dengan aman saat bepergian

Dengan WiFi gratis, pengguna kini bisa berselancar di tempat umum di banyak tempat, misalnya di hotel, kafe, atau department store. Namun hati-hati jika beberapa entri serupa muncul dalam daftar jaringan yang tersedia.

Majalah “Computerbild” memperingatkan hal ini. Penipu dapat menawarkan titik akses mereka sendiri dengan nama tersebut untuk mendapatkan kata sandi atau data pribadi lainnya dengan membingungkan mereka. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan kepada penyedia apa nama WLAN yang benar.

Written By
More from Hulwi Zafar
“Inilah yang akan kami lakukan”: Presiden Erdogan meminta orang Turki untuk menabung dalam lira – politik
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta orang Turki untuk menyimpan tabungan mereka...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.