Berlawanan dengan teori populer: planet raksasa “tumbuh” lebih awal

Berlawanan dengan teori saat ini
Planet raksasa dulu “tumbuh”

Sampai sekarang, para ilmuwan berasumsi bahwa dibutuhkan ratusan juta tahun bagi sebuah planet raksasa untuk mencapai ukuran akhirnya. Peneliti Jerman sampai pada kesimpulan yang berbeda dengan memeriksa dua benda langit. Itu bisa mengubah gagasan tentang bagaimana tata surya kita terbentuk.

Planet-planet raksasa muda tampaknya mencapai ukuran akhirnya dalam satu juta tahun pertama perkembangannya. Sebuah tim peneliti internasional menemukannya dengan mengukur massa dua planet raksasa yang mengorbit bintang surya muda “V1298 Tau”, seperti yang dilaporkan oleh Institut Astrofisika Leibniz di Potsdam. Hasilnya harus memungkinkan “untuk mendapatkan ide yang lebih solid tentang pengembangan awal sistem planet seperti kita”.

Sistem planet yang dipelajari di sekitar bintang “V1298 Tau” ini relatif muda pada usia 20 juta tahun. Bintang mirip matahari itu mengorbit dua planet raksasa yang ditemukan pada 2019 menggunakan data dari Teleskop Luar Angkasa Kepler NASA. Oleh karena itu, massa planet-planet raksasa muda ini masih belum diketahui. Para peneliti menentukan massa mereka menggunakan pengukuran kecepatan radial dari teleskop di La Palma, Spanyol selatan dan Tenerife, termasuk teleskop Stella II AIP.

“Selama bertahun-tahun, model teoretis telah menunjukkan bahwa planet raksasa memulai perkembangannya sebagai benda yang lebih besar, kemudian mengelompok bersama selama ratusan juta, jika bukan miliaran tahun,” kata Víctor J. Sánchez Béjar, salah satu penulis buku tersebut. “Kita sekarang tahu bahwa mereka bisa sebesar planet di tata surya kita dalam waktu yang sangat singkat.”

Mempelajari sistem planet muda ini memberi para peneliti informasi tentang apa yang terjadi pada masa kanak-kanak tata surya kita. Sejauh ini, tidak jelas apakah perkembangan “V1298 Tau” dan planet-planetnya mirip dengan kebanyakan planet atau apakah ini pengecualian. “Jika ini adalah kasus normal, itu berarti evolusi planet seperti Jupiter dan Saturnus sangat berbeda dari yang kita pikirkan,” kata rekan penulis Nicolas Lodieu. Oleh karena itu, hasilnya memberikan gagasan yang lebih solid tentang evolusi awal sistem planet seperti kita.

READ  Review & Outlook Mingguan: Boah Alder, Intel Punya Prosesor Gaming Tercepat Lagi
Written By
More from Munir Rad
Windows 11: Microsoft sedang menguji pengelola tugas baru sebagai aplikasi
Microsoft sedang menguji Task Manager Windows 11 sebagai aplikasi baru yang seharusnya...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.