Belarus: Irak memulangkan 370 migran yang terdampar di perbatasan Lituania

NS Irak membawa 370 warganya terdampar di perbatasan Belarusia-Lithuania saat mencoba memasuki Uni Eropa.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ahmed al-Sahaf mengatakan pada hari Rabu Bagdad, sebuah penerbangan khusus membawa 240 warga Irak dari Minsk ke Baghdad pada Selasa. Sehari sebelumnya, 130 warga Irak telah kembali ke tanah air mereka. Yang lain harus mengikuti.

Dalam beberapa bulan terakhir, semakin banyak migran Belarusia terbang dari sana di Uni Eropa mendapatkan. UE menuduh pihak berwenang Minsk melemparkan pengungsi ke perbatasan Lithuania dan Latvia dan mendorong masuk secara ilegal ke UE.

Menurut UE, pemimpin Belarusia sangat berperan Alexander Lukashenko migran untuk membalas sanksi Barat terhadap negaranya.

Menurut data UE, lebih dari 4.000 migran telah terdaftar sejak awal tahun dan masuk “secara tidak teratur” melintasi perbatasan antara Belarus dan Lithuania. Hampir 2.800 orang datang dari Irak. Pada tahun 2020, hanya 81 migran yang masuk secara ilegal yang terdaftar di perbatasan Belarusia-Lithuania.

Mengingat situasi lokal, Lituania mulai memulangkan pengungsi atau membawa mereka kembali ke perbatasan beberapa hari yang lalu. Untuk bagiannya, pemerintah di Baghdad telah menangguhkan semua penerbangan ke Belarus. Sejak itu, jumlah entri ilegal ke Lituania telah menurun tajam.

READ  2 Polisi Pallak Sejoli Kencan, pemerkosaan dan seks kemudian direkam
Written By
More from Lukman Haq
Skotlandia bergantung pada bendera Inggris
Skotlandia tidak lagi menjadi anggota UE sejak Brexit, tetapi negaranya tidak mau...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *