Beginilah cara perusahaan Barat mendanai propaganda Lukashenko

Banyak perusahaan Barat menyiarkan iklan di televisi pemerintah Belarusia. Dengan demikian, mereka mendukung propaganda penguasa Alexander Lukashenko, adalah kritik.

Hampir dua pertiga dari iklan televisi publik Belarusia disiarkan oleh perusahaan-perusahaan Eropa dan Amerika. Ini adalah hasil studi oleh kelompok hak asasi manusia Jerman-Swiss Libereco. Ekstrak dari Prokter & Judi, Bersarang dan Mars diwakili.

Dengan demikian, perusahaan-perusahaan ini secara finansial mendukung propaganda pemimpin otoriter Alexander Lukashenko. Pertama, “Handelsblatt” membicarakannya.

Merek-merek ini menjalankan iklan

Perusahaan AS Procter & Gamble diguncang dengan margin bersih Periklanan. Dari total 874 tempat yang diulas, 100 berasal dari grup, yang mencakup merek-merek seperti Ariel, Gillette, dan Pampers.

Itu diikuti oleh perusahaan Swiss Nestlé Nestlé Aktie dengan 79 tempat yang dialihkan dan Mars (44). Perusahaan Jerman pertama dalam daftar adalah Henkel Henkel berbagi dengan 43 klip iklan.

Perusahaan terkenal juga diwakili di lokasi lain: Colgate-Palmolive (37) Sandoz (35), Coca-Cola Promosi Coca-Cola (ADR) (35), PepsiCo (33), Dr. Theiss Naturwaren (32) dan Mondelez International (29). Tempat yang tersisa termasuk iklan dari Carlsberg, L’Oréal, Sanofi, Dologiet, GlaxoSmithKline, Sniezka dan Gedeon Richter.

Dari 12 hingga 18 Juli, Libereco menonton jeda iklan di tiga saluran televisi negara Belarus 1, ONT, dan CTV dari pukul 7 malam hingga 10 malam. Tempat-tempat itu juga disiarkan di dekat program-program politik.

Presiden Libereco: “Deklarasi Moral Kebangkrutan”

“Rezim Lukashenko telah meneror rakyatnya sendiri selama satu tahun sekarang, dan bahkan pejabat hubungan masyarakat terakhir seharusnya menyadarinya,” kata presiden Libereco di Jerman, Marco Fieber.

Setelah pemilihan, yang dianggap curang, 40.000 orang telah ditangkap di Belarus selama 12 bulan terakhir. Selain itu, setidaknya ada 1.800 laporan penyiksaan yang terdokumentasi dan saat ini lebih dari 600 orang berada dalam tahanan politik (Baca lebih lanjut tentang protes terhadap Alexander Lukashenko di sini).

READ  Rover Zhurong dari China: foto pertama permukaan Mars

“Bisnis jelas hanya peduli tentang keuntungan mereka, mereka tidak peduli dengan situasi hak asasi manusia yang mengerikan di Belarus. Bisnis Barat telah kehilangan semua rasa kesalahan, itu pernyataan moral dari kebangkrutan,” kata Fieber.

Perusahaan menolak tuduhan itu, lapor “Handelsblatt”. Nestlé dan Henkel mengatakan mereka telah “mengurangi secara signifikan” anggaran iklan mereka. Seorang juru bicara Mars mengatakan mereka tidak ingin terlibat dalam politik. Procter & Gamble menekankan bahwa mereka berperilaku sesuai dengan persyaratan hukum.

Written By
More from Lukman Haq
AS: Mahkamah Agung menyetujui pengetatan undang-undang pemilu di Arizona
Mahkamah Agung Amerika Serikat memiliki pengetatan undang-undang pemilu di negara bagian Arizona...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *