Baterai pasir komersial pertama menyimpan energi selama berbulan-bulan


Di Finlandia, solusi yang sangat sederhana dan murah telah ditemukan, seperti kelebihan energiyang dihasilkan selama bulan-bulan musim panas dengan energi angin dan fotovoltaik, dapat diambil pada bulan-bulan musim dingin yang keras.

Di kota Kankaanp, tim insinyur muda memasang dan menugaskan sistem penyimpanan energi berbasis pasir pertama untuk penggunaan komersial. Ini membuka kemungkinan memasok banyak rumah tangga dengan energi pemanas di musim dingin dengan listrik hijau murah dari bulan-bulan yang hangat dan cerah dalam setahun. Dan itu juga bekerja tanpa menggunakan teknologi yang rumit atau bahan baku yang mahal.

Dengan kelebihan energi dari tenaga angin dan tata surya di wilayah tersebut, udara dipanaskan di sini di musim panas, yang disuplai oleh silo besar. Pasir yang dikandungnya dipanaskan hingga 500 derajat Celcius dari waktu ke waktu. Ini mengambil keuntungan dari fakta bahwa pasir menyimpan panas dengan cukup efisien dan kehilangan energi yang sangat sedikit bahkan selama berbulan-bulan.

Diagram cara kerja proyek Baterai Pasir

Ketika energi menjadi langka di musim dingin, terutama karena sistem tata surya menyediakan sedikit listrik, panas yang tersimpan kembali diekstraksi dari silo. Sekarang digunakan di sini untuk memanaskan air dan menyediakan pemanas distrik untuk rumah, kantor, dan kolam renang Kankaanps.

Panas sangat penting

Penyimpanan pasir memiliki sedikit potensi untuk menyimpan energi musim panas untuk listrik musim dingin. Kerugian selama langkah konversi terlalu besar untuk itu. Namun, pemanasan menyumbang sebagian besar dari total kebutuhan energi konsumen, sehingga sistem penyimpanan jangka panjang ini dapat memberikan kontribusi penting bagi transisi energi.

Di Kankaanp, sistem dipasang di lokasi pembangkit listrik termal lokal. Sejauh ini, ini juga memberikan pemanasan distrik, yang seluruhnya berasal dari bahan bakar fosil. Itu akan berubah musim dingin mendatang.

READ  Di bawah permukaan es Mars adalah danau air asin

Lihat juga:



Luar Angkasa, Alam Semesta, Energi, Satelit, Suhu, Lingkungan, Iklim, Perlindungan lingkungan, Listrik hijau, Perlindungan iklim, Perubahan iklim, Dunia, Bola dunia, Bumi, Planet, Kebijakan iklim, Pemanasan global, Iklim, Ramah lingkungan, Greenpeace, lautan, Dunia KTT Iklim, hutan hujan, tanaman, hutan

Written By
More from Hulwi Zafar
Versi GTS dari Porsche Taycan listrik memiliki jangkauan 500 km
Porsche memperluas jangkauan mobil listriknya Taycan Taycan GTS dan Taycan GTS Sport...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.