Banjir dan kebakaran: tewas di Turki, evakuasi di dekat Athena

Status: 16/08/2021 19:28

Cuaca ekstrem di Laut Hitam dan Mediterania: Di Turki, lebih dari 70 orang tewas akibat banjir. Kebakaran, di sisi lain, berkobar di dekat Athena di Yunani dan dekat Yerusalem di Israel.

Hujan deras dalam beberapa hari terakhir telah mengakibatkan banjir terburuk dalam beberapa tahun di wilayah Laut Hitam Turki di utara negara itu. Provinsi Kastamonu, Sinop dan Bartin sangat terpengaruh. Beberapa rumah hancur diterjang banjir dan jembatan juga ambruk.

Sedikitnya 71 orang tewas. Lebih dari 40 orang hilang, kantor berita negara Anadolu melaporkan, mengutip agen perlindungan sipil Turki Afad.

Pekerjaan penyelamatan berlanjut di daerah yang terkena dampak, kata Afad. Ribuan orang telah dibawa ke tempat yang aman. Pada saat yang sama, pekerjaan pembersihan sedang dilakukan untuk membersihkan jalan-jalan dan bangunan dari lumpur yang ditinggalkan oleh banjir. Menurut para ahli, selain perubahan iklim, pelurusan sungai dan penyempitan sungai Ezine di distrik Bozkurt juga merupakan faktor banjir serius.

Kebakaran hutan di dekat Yerusalem

Kebakaran hutan yang terjadi di sebelah barat Yerusalem pada hari Minggu belum dapat dikendalikan pada sore hari. Perdana Menteri Israel Naftali Bennett awalnya menyatakan harapan bahwa kobaran api dapat dikendalikan dalam sehari. Menurut laporan media, polisi sedang mempersiapkan kemungkinan evakuasi Rumah Sakit Hadassah di Yerusalem pada sore hari. Sepuluh pesawat pemadam kebakaran juga berjuang memadamkan api.

Menurut petugas pemadam kebakaran, setidaknya 1.700 hektar telah terbakar di pagi hari. Beberapa rumah terbakar.

Menurut polisi, ribuan keluarga di beberapa tempat harus meninggalkan rumah mereka dan mencari keselamatan. Sementara layanan darurat di dua desa yang terkena dampak memungkinkan kembalinya penduduk, tiga daerah belum dibebaskan untuk kepulangan di pagi hari. Tentara telah mendukung langkah-langkah evakuasi dengan helikopter.

READ  Mayoritas di parlemen untuk pemerintahan baru Israel

Polisi yakin kebakaran itu disebabkan oleh manusia, menurut laporan dari stasiun TV Angkatan Darat. Namun, itu tidak harus menjadi serangan pembakaran, tetapi bisa juga disebabkan oleh kelalaian.

Asap dari api dapat dilihat di dekat Givat Yearim, di pinggiran Yerusalem.

Gambar: REUTERS

Beberapa kebakaran di sekitar Athena

Beberapa kebakaran hutan telah terjadi di wilayah Athena yang lebih besar. Api berkobar di timur ibu kota, dekat kota kecil Keratea. Beberapa kota tetangga dievakuasi. Api menghancurkan hutan pinus besar di dekat desa Villia, sebelah barat Athena. Desa-desa di sana pada awalnya tidak terancam, kata layanan masyarakat.

Beberapa pesawat dan helikopter digunakan untuk memadamkan api, seperti yang terlihat di televisi. Sebelumnya, api telah berkobar di dekat kota pelabuhan Lavrio. Warga tiga desa 50 kilometer tenggara ibukota Yunani dipanggil untuk mengungsi segera, menurut petugas pemadam kebakaran.

Asap tebal dari Athena timur terlihat hingga ibu kota Yunani, sekitar dua puluh kilometer jauhnya. Api menyebar di bagian depan yang luas dan dipicu oleh angin kencang, kata Letnan Gubernur Thanassis Avgerinos kepada kantor berita AFP. Wilayah ini diserang oleh pinus yang mudah terbakar.

Sejak akhir Juli, sekitar 103.000 hektar hutan telah terbakar di sekitar 600 kebakaran hutan di Yunani. Pulau Evia sangat terpengaruh. Namun, ada juga banyak kebakaran di Peloponnese barat Athena dan di sekitar ibu kota itu sendiri.

Written By
More from Lukman Haq
Misteri keheningan Rusia dan Tiongkok atas kemenangan Biden
Jakarta, CNN Indonesia – Selamat kepada Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *