Bahaya bagi pengguna WhatsApp: pesan berbahaya yang beredar – ini adalah cara Anda melindungi diri sendiri

Pengguna WhatsApp kembali diincar oleh para penipu. Dengan penipuan baru, mereka ingin membawa semua pengguna perpesanan yang telah lama menginginkan tampilan baru untuk WhatsApp online. Karena konon, aplikasi “WhatsApp Blue” akan memastikan bahwa utusan itu bersinar biru. Tetapi setelah aplikasi diinstal, kerusakan selesai.

Suka pengguna di Reddit melaporkan, tautan tersebut sebagian besar dikirim ke pengguna melalui WhatsApp itu sendiri. Desain baru kemudian diumumkan di sana. Jika pengguna mengklik tautan “blue.whatsapp.top” dan menginstal berkas APK di belakang, malware mendarat di smartphone. Dalam banyak kasus, scammers mengenkripsi data seperti foto atau video dan meminta tebusan dari pengguna WhatsApp untuk aktivasi.

Akun itu sendiri juga berisiko. Karena tautan ke malware dikirim ke pengguna lain melalui WhatsApp Anda.

Kiat cerdas: ini adalah bagaimana WhatsApp benar-benar muncul dalam warna merah muda di ponsel Anda

Penipuan WhatsApp: cara melindungi diri Anda dari penipuan

Sebuah pesan berbahaya berbahaya saat ini kembali beredar di WhatsApp.

CHIP

Langkah pertama perlindungan juga yang paling penting: jangan pernah mengklik tautan yang meragukan di WhatsApp. Bahkan jika ini berasal dari teman. Malware sering menyamarkan dirinya sendiri dan penyiar bahkan tidak menyadari pesan berbahaya. Jika ragu, tanyakan kepada kontak Anda apakah tautan itu asli dan apa yang ada di baliknya.

Jika Anda masih ragu setelahnya, pencarian Google cepat untuk konten yang dijanjikan di balik tautan seringkali cukup untuk membuka kedok scammers.

Jika kerusakan sudah terlanjur terjadi dan WhatsApp Pink sudah terpasang di smartphone Anda, segera hapus aplikasi tersebut. Kemudian putuskan sambungan perangkat Anda dari semua koneksi web WhatsApp, misalnya dengan PC Anda. Kemudian bersihkan cache Peramban ponsel cerdas Anda dan baca Tampilkan hak akses ke aplikasi di menu. Jika Anda melihat aplikasi aneh di sini atau masih menemukan WhatsApp Pink, blokir aksesnya.

READ  Sepanjang jalan menuju liburan Pulau Sumatera, detail harganya ada disini
Written By
More from Hulwi Zafar
Inilah sebabnya mengapa supermarket Jerman menetapkan “jam senyap”
Tidak ada pengumuman atau musik: ia menjadi hening dua kali seminggu di...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *