Baerbock di konferensi donor: Moldova harus menerima bantuan tambahan

Status: 21/11/2022 13:25

Moldova adalah salah satu negara termiskin di Eropa – dan sangat terpengaruh oleh perang melawan Ukraina. Konferensi donor di Paris menyelenggarakan bantuan tambahan untuk negara. Menteri Luar Negeri Baerbock menjanjikan 32 juta euro.

Konferensi para donor yang diselenggarakan oleh Jerman, Prancis, dan Rumania bertemu lagi di Paris untuk mengatur kelanjutan bantuan ke Moldova. Republik ini sangat menderita akibat perang di negara tetangga Ukraina. Menteri Luar Negeri Federal Annalena Baerbock telah mengumumkan bahwa Jerman akan memberi Moldova tambahan 32,35 juta euro. Menurut Kementerian Luar Negeri, uang tersebut harus digunakan terutama untuk meningkatkan energi terbarukan dan efisiensi energi, mengembangkan infrastruktur kota dan membantu pengungsi dari Ukraina.

Sebanyak €1,2 miliar dikumpulkan selama dua konferensi donor pertama. Beberapa di antaranya adalah dukungan anggaran, dana proyek, pinjaman berbunga rendah, dan pembiayaan jangka panjang, misalnya di sektor energi. Terletak di antara Rumania dan Ukraina, Moldova dengan sekitar 2,6 juta penduduk adalah salah satu negara termiskin di Eropa.

Baerbock: solidaritas dengan Moldova

Baerbock meyakinkan Moldova akan solidaritasnya yang berkelanjutan. Agresi Presiden Rusia Vladimir Putin secara khusus mengancam negara-negara “yang mulai bergerak ke arah yang paling berbahaya bagi Putin: menuju demokrasi”, kata Baerbock. “Siapa yang percaya bahwa demokrasi rentan dengan membiarkan orang membeku, mari tunjukkan kepada mereka bahwa kita bersatu, mendukung dan dengan tegas menentang segala upaya untuk memeras anggota keluarga Eropa kita atau membuatnya patuh.”

Bertemu dengan Macron

Seperti Ukraina, Moldova dinyatakan sebagai calon anggota UE musim panas ini. Setelah serangan Rusia di Ukraina, negara itu menampung ratusan ribu pengungsi, di antaranya sekitar 90.000 orang diperkirakan masih tinggal di negara itu. Selain Baerbock, rekannya dari Prancis Catherine Colonna dan menteri luar negeri Rumania dan Moldova juga ambil bagian dalam pertemuan tersebut. Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Moldova Maia Sandu ingin berbicara di akhir konferensi. Pertemuan langsung antara Baerbock dan Macron juga direncanakan.

Written By
More from Lukman Haq
Turki melatih angkatan laut Libya
Memuat … Ankara – Pasukan bersenjata Turki Latih Angkatan Laut Libya Keanggotaan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.