Asteroid Bennu mendekati Bumi dengan berbahaya – dampaknya sangat mungkin

ruang angkasa

Sebuah asteroid mendekati Bumi – Berapa kemungkinan tumbukan?

Grafik video: Misi asteroid “Osiris-Rex”

Grafik video: Misi asteroid “Osiris-Rex”

Setelah berhasil mengumpulkan sampel batu dan debu dari asteroid Bennu, wahana antariksa AS “Osiris-Rex” sedang dalam perjalanan menuju Bumi. Para ilmuwan berharap misi tersebut akan memberikan informasi tentang pembentukan tata surya kita.

tampilkan deskripsi

Para peneliti memiliki pengetahuan baru tentang asteroid Bennu: ia akan mendekati planet kita dengan berbahaya. Apa yang bisa menjadi konsekuensinya.

Berlin.

  • Asteroid yang disebut Bennu bisa bergerak lebih dekat ke Bumi dari yang diperkirakan sebelumnya
  • Para peneliti sekarang memperkirakan kemungkinan dampak di Bumi secara signifikan lebih tinggi
  • Namun, orang tidak perlu terlalu khawatir tentang asteroid, kata mereka.

Bukti ilmiah baru menunjukkan bahwa asteroid Bennu bumi menghantam 1 dalam 1750. Sebelumnya, para peneliti berasumsi 1 dalam 2700. Jadi Bennu bisa menabrak bumi dalam 200 tahun ke depan. Demikian laporan kantor berita AP.

Asteroid akan mencapai puncaknya pada tahun 2135 Terbang di atas bumi datang lebih dekat dari bulan ke bumi. Gravitasi bumi dapat mengubah jalur Bennu sehingga dia berada di jalur tabrakan dengan Bumi pada tahun 2200-an – yang menurut para ilmuwan tidak begitu mungkin.

“Kita tidak perlu terlalu khawatir tentang itu,” kata Davide Farnocchia, penulis utama studi dan ilmuwan di NASA Center for Near Earth Object di Pasadena, California. Karena pada saat yang sama peneliti miliki sekarang, terima kasih kepada Pesawat Luar Angkasa Osiris-Rex NASA sekarang memiliki ide yang lebih baik tentang Bennus Weg. “Jadi saya pikir situasinya telah membaik secara keseluruhan,” kata Farnocchia kepada wartawan.



Asteroid Bennu: Itu akan menjadi kehancuran dalam tabrakan


Osiris-Rex diluncurkan pada 8 September 2016 untuk mengembalikan sampel Bennu dari asteroid ke Bumi. Penghapusan Sampel tanah terjadi pada 20 Oktober 2020 ketika lengan robot menyentuh tanah selama beberapa detik. Perjalanan kembali ke bumi dimulai pada 10 Mei 2021. Kapsul itu diperkirakan akan mendarat di Amerika Serikat pada 2023 dengan bahan sekitar 100 gram.


Namun, jika Bennu benar-benar jatuh ke bumi, itu tidak akan menghapus kehidupan – seperti Meteoritinschlagyang membunuh dinosaurus – tetapi menciptakan kawah sekitar 10 hingga 20 kali ukuran asteroid, kata Lindley Johnson, petugas pertahanan planet NASA. Namun, area kehancuran akan jauh lebih besar: hingga 100 kali lebih besar dari kawah.

Baca juga: Asteroid raksasa melintas di depan Bumi – misteri demi penemuan

Bennu: diameter 492 meter

Bennu berjarak sekitar matahari seperti bumi, meskipun ia tidak melakukan perjalanan dalam orbit yang bulat seperti bumi. Bennu berlari pada lintasan berbentuk elips dan membutuhkan waktu 437 hari untuk menyelesaikan satu putaran. Bentuknya menyerupai bola sepak yang penyok berdiameter sekitar 492 meter dan bergerak dengan kecepatan rata-rata 100.000 km/jam.

Juga menarik: Asteroid “2011 ES4” akan segera melewati bumi

Karena Bennu ditemukan pada tahun 1999, para ilmuwan dapat menggunakan nya Kurva penerbangan untuk mengharapkan. Deteksi dini asteroid yang mengancam meningkatkan peluang dan kemungkinan untuk mengesampingkan merekakata Lindley Johnson. (sebelum)


READ  Versi baru mengungkapkan detail menarik tentang Pixel 6
Written By
More from Munir Rad
Anda hanya dapat mencari lagu dengan lirik di Spotify
Unsplash Hitekno.com – Tidak jarang Anda ingin mengenalnya Judul lagu Tapi jangan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *