AS memperingatkan kapal mata-mata Rusia dari Hawaii: ‘waktu sensitif’ | Politik

Ketegangan panas di Pasifik!

Penjaga Pantai AS telah melacak kapal militer Rusia yang dicurigai di perairan Hawaii selama berminggu-minggu.

Kapal itu diyakini melakukan perjalanan di Zona Ekonomi Eksklusif Amerika Serikat untuk tujuan spionase, kata Penjaga Pantai. Pesan dari siaran pers: Kami memperhatikan pasukan Anda, Putin!

“Saya tidak bisa mengatakan mengapa Rusia membiarkan kapal itu berlayar sekarang,” kata juru bicara Departemen Pertahanan AS, Kamis. Ini adalah “masa sensitif”.

Kapal itu berada di perairan internasional, katanya. Sejauh ini, tidak ada perilaku tidak aman atau tidak profesional yang diamati, kata juru bicara itu.

Mereka dikatakan untuk memata-matai Pasifik: para pekerja kapal

Foto: Penjaga Pantai AS

Kapal militer asing diizinkan untuk transit melalui zona ekonomi eksklusif sesuai dengan standar internasional, kata Penjaga Pantai AS.

Namun, kapal militer asing kerap hadir dan beroperasi khususnya di kawasan Pasifik. Semua kapal di daerah itu diamati secara teratur, kata Penjaga Pantai.

Ini bukan pertama kalinya kapal mata-mata Rusia yang dicurigai berlayar di lepas pantai AS. Pada 2019, sebuah kapal Rusia di lepas pantai tenggara Amerika Serikat diamati beroperasi dengan “cara yang berbahaya”, kata dua pejabat AS kepada CNN. (rgz, dpa)

READ  Pemilik Mallorca diam-diam merekam ratusan wanita di toilet | Baru
Written By
More from Lukman Haq
Sedikitnya 14 orang tewas dalam kecelakaan pertambangan
Puluhan pekerja dimakamkan di sebuah tambang Turki. Pekerjaan penyelamatan berlanjut. Sedikitnya 22...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.