Apakah China memenangkan kesepakatan perdagangan terbesar?

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebanyak 15 negara Asia Pasifik telah menandatangani perjanjian perdagangan bebas terbesar di dunia. Kesepakatan ini dipandang sebagai cara Cina Memperluas dampaknya pada ekonomi dunia.

Perjanjian tersebut merupakan kemitraan ekonomi regional (REP) yang mencakup 10 negara di kawasan ASEAN dengan China, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru dan Australia dan mencakup sekitar 30 persen dari produk domestik bruto dunia.

Namun, India belum menandatangani RCEP. Dia tidak berada di Bollywood pada saat penandatanganan imajiner dan menarik diri dari perjanjian tahun lalu karena takut pergi ke China untuk membeli komoditas murah.

Kesepakatan yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 tersebut akhirnya diterbitkan pada akhir KTT Asia Tenggara untuk memulihkan perekonomian yang rusak akibat wabah Covirus-1991.

Perdana Menteri China Li Keqiang (15/11/2020) IKLAN.

Ini dengan jelas menunjukkan bahwa supremasi yang mencakup segalanya ini adalah jalan yang benar, dan mewakili arah yang benar bagi ekonomi dunia dan pembangunan manusia.

Kesepakatan untuk mengurangi tarif tanpa intervensi AS dan untuk membuka perdagangan jasa di dalam Uni akan dilihat sebagai alternatif dari perjanjian perdagangan China saat ini dengan Amerika Serikat.

Alexander Capri RCEP, pakar bisnis di Sekolah Bisnis Nasional Singapura, mengatakan RCEP akan memperkuat kepentingan politik regional China yang luas di Belt and Road Inive TV (BR / Obor).

“Ini paralel,” kata Capri, mengacu pada infrastruktur China dan dampaknya terhadap ekonomi global.

Penandatangan perjanjian tersebut adalah RSP. Mereka berharap dapat membantu mengurangi biaya ekonomi akibat bencana tersebut. Indonesia jatuh ke ambang resesi dan ekonomi Filipina menyusut 11,5% tahun-ke-tahun.

Iris Pang, kepala ekonom China ING, berpendapat RCEP akan membantu Beijing mengurangi ketergantungannya pada pasar dan teknologi luar negeri. Kedua belah pihak saat ini terlibat dalam perseteruan sengit dengan Washington.

READ  Wakil Presiden AS: Dengan Harris, kantor bertambah berat

Kesepakatan itu menempatkan Amerika Serikat keluar dari ekonomi dunia yang bergerak cepat. Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menarik Washington keluar dari Trans-Pacific Partnership (TPP) yang dibentuk oleh Presiden Obama.

Meskipun Joe Biden terpilih sebagai presiden dalam pemilihan pekan lalu, analis mengatakan Amerika Serikat kemungkinan akan bergabung dengan RCEP atau Trans Pacific Alliance (TP) karena berfokus pada pertempuran di dalam negeri.

India, sementara itu, mundur dari RCEP pada November tahun lalu. Tetapi para pemimpin Asia mengatakan pintu terbuka bagi siapa pun di Asia Asia untuk bergabung.



[Gambas:Video CNBC]

(Teman / Teman)


Written By
More from Lukman Haq
Kapal kontainer Tidak pernah diberikan: penis dicat di laut sebelum kecelakaan?
Kairo- Sungguh luar biasa bahwa kapal kontainer yang melintang menimbulkan masalah bagi...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *