Apa yang mungkin ada di balik gangguan itu?

RTL>baru>

04 Oktober 2021 – 22:54 jam

Masalah teknis dengan WhatsApp, Instagram, dan Facebook

WhatsApp, Facebook, dan Instagram telah berjuang dengan gangguan di banyak bagian dunia sejak awal malam. Hingga sore hari, beberapa pengguna dari Cologne, Leipzig, Munich, dan banyak kota Jerman lainnya melaporkan masalah dengan aplikasi dan situs web. Tapi #whatsappdown, #instagramdown dan #facebookdown tidak mengenal batas negara – gangguan besar terjadi di seluruh dunia. Kami akan membuat Anda diperbarui dalam ticker langsung dengan informasi terkini tentang kerusakan pada aplikasi grup Facebook.

Grup Facebook mengonfirmasi masalah, tetapi tidak memberikan informasi apa pun tentang kemungkinan penyebabnya. Namun para ahli memiliki beberapa penjelasan awal.

Tip membaca: WhatsApp down – Alternatif Messenger di cek

Aplikasi dan situs web rusak: Facebook meminta maaf kepada pengguna

Facebook mengumumkan di Twitter bahwa masalah koneksi diketahui: “Kami sedang bekerja untuk mengembalikan semuanya normal secepat mungkin,” tulis sebuah tweet. Kami mohon maaf atas “ketidaknyamanan apa pun,” posting Facebook melanjutkan. Perusahaan tidak mengomentari informasi apa pun bahwa domain “facebook.com” akan dijual. Pakar digital RTL menjelaskan apa yang bisa disembunyikan di sini.

Dua pakar keamanan komputer Facebook, yang tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada New York Times bahwa serangan dunia maya tidak mungkin memicu masalah. Menurutnya, teknologi di balik masing-masing aplikasi grup terlalu berbeda untuk membuat semuanya offline sekaligus dengan serangan cyber.

Pakar: Layanan Facebook telah menghilang dari DNS

Penyebab penyakit ini belum diketahui. Untuk beberapa pakar web, ini tampak seperti masalah dengan layanan DNS. Antara lain, layanan ini memastikan bahwa nama situs web yang dimasukkan dalam huruf diterjemahkan ke dalam alamat IP sehingga dapat diakses.

READ  Pekerjaan konstruksi tanpa izin: Menteri mengharapkan Tesla disetujui untuk perlindungan lingkungan

Menurut beberapa ahli, entri DNS untuk layanan Facebook telah menghilang dari layanan yang mengontrol lalu lintas data – sehingga bisa dikatakan, tidak terlihat oleh infrastruktur jaringan. Dengan kata lain, Facebook telah menghapus peta di mana komputer di seluruh dunia dapat menemukan layanan perusahaan, tulis pakar keamanan TI Brian Krebs. “Jika seseorang mengetik alamat Facebook.com ke browser web mereka, browser tidak tahu di mana menemukan Facebook.com dan menampilkan pesan kesalahan.”

Bos teknologi penyedia layanan cloud Cloudflare John Graham-Cumming telah menunjukkan bahwa pengguna dan perangkat lunak terus mencoba untuk mengontrol layanan Facebook. Ini memastikan peningkatan besar dalam beban pada layanan DNS lainnya, tulisnya di Twitter.

Instagram: “Kami berharap atas pengertian Anda”

Instagram dan WhatsApp juga meminta penggunanya untuk bersabar di akun Twitter mereka. WhatsApp dan Instagram adalah bagian dari grup Facebook.

Untuk layanan pesan Whatsapp, perusahaan baru-baru ini mengumumkan penghentian dukungan untuk banyak ponsel – Anda dapat membaca di sini model mana yang terpengaruh. (mor, swi)

Juga menarik

Written By
More from Hulwi Zafar
Inilah yang terjadi selama periode puncak gerhana bulan di Pennbara
Kamis, 26 November 2020 – 16:21 WIB Gerhana bulan Pennbara mencapai puncaknya...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *