Amanda Gorman: Penerjemah bahasa Katalan memiliki “profil buruk”

Penerjemah bahasa Katalan dari puisi tersebut, yang dibacakan oleh penulis Amerika Amanda Gorman saat pelantikan Presiden AS Joe Biden, mengatakan bahwa penugasannya ditarik karena dia memiliki “profil” yang buruk lapor British Guardian.

Victor Obiols telah ditugaskan oleh penerbit Barcelona untuk menerjemahkan puisi “Bukit yang kita daki” ke dalam bahasa Katalan. Setelah Obiols menyelesaikan pekerjaannya, penerbit mengumumkan bahwa dia tidak cocok untuk pekerjaan itu. “Mereka mengatakan kepada saya bahwa saya tidak memenuhi syarat untuk menerjemahkannya,” kata Obiols kepada kantor berita AFP. “Mereka tidak mempertanyakan kemampuan saya, tetapi mereka mencari profil lain yang haruslah seorang wanita, muda, militan dan lebih disukai berkulit hitam.”

Gorman, seorang wanita Afrika-Amerika berusia 23 tahun, secara luas dipuji karena membaca puisinya “The Hill We Climb” pada pelantikan Biden pada 20 Januari. Puisi itu terinspirasi oleh serangan terhadap US Capitol dan berbicara tentang bagaimana demokrasi “tidak pernah bisa dikalahkan untuk selamanya”. Antara lain, Gorman membahas tentang pentingnya “gadis kulit hitam kurus” yang melantunkan surat kepada Presiden. Dia itu penyair termuda yang pernah membacakan pada pelantikan presiden.

Terjemahan di masa politik identitas adalah “subjek yang sangat rumit yang tidak bisa dianggap enteng,” kata Obiols, yang akan menerima bayarannya meskipun telah dibatalkan. Tetapi dia juga mengungkapkan ketidakpercayaannya: “Jika saya tidak dapat menerjemahkan seorang penyair karena ia seorang wanita muda berkulit hitam, seorang Amerika abad ke-21, saya juga tidak dapat menerjemahkan Homer, karena saya bukan seorang Yunani, dari abad ke-8 SM. Atau Shakespeare tidak bisa menerjemahkan karena saya bukan orang Inggris abad ke-16. “

Obiols mengatakan dia tidak yakin apakah penolakan itu datang dari penerbit sponsor atau agen Gorman.

READ  Adik Kim Jong Un mengancam AS dan Korea Selatan

Ikon: Cermin

Written By
More from Lukman Haq

Bagian depan menerobos penghalang: bus New York tergantung dari jembatan

Jumat 15 Januari 2021 Bagian depan menerobos penghalang Sebuah bus New York...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *