Ada letusan gunung berapi di dunia! Apakah ini normal?

Lorenzo Pasqualini Leon Beurer 3 menit

Saat ini terjadi beberapa letusan gunung berapi dari Krakatau hingga Merapi. Sebagian besar gunung berapi ini ditemukan di sepanjang apa yang dikenal sebagai Cincin Api Pasifik. Ini adalah wilayah dengan vulkanisme terbesar dan jumlah gempa bumi tertinggi di dunia. Mereka terletak di sepanjang margin tumbukan antara lempeng tektonik. Ini adalah fenomena normal dan terjadi sepanjang waktu di bumi. Ada ratusan gunung berapi aktif di planet kita.

Di bawah ini Anda dapat melihat video letusan gunung Merapi di Indonesia di sepanjang Cincin Api. Epidemi terjadi pada 10 April tahun lalu.

Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia: pada ketinggian hampir 3000 meter di atas permukaan laut, gunung ini dikenal karena letusannya yang dahsyat dan sering. Pada tahun 1990-an, wabahnya menewaskan banyak orang di pulau Jawa.

Bisa juga menarik: gunung es yang aneh.

Gunung berapi lain yang pernah meletus dalam beberapa hari ini adalah Sakurajima di Jepang. Wabah itu, menurut laporan dari Badan Meteorologi Jepang (JMA) antara 6 dan 11 April ditandai dengan 7 ledakan di kawah puncak.

Yang terlontar dari gunung berapi Tinggi kolom abu mencapai 2.740 meter. Gambarnya benar-benar spektakuler.

READ  China berhasil mendarat di bulan secara langsung

Gunung berapi lain yang pernah meletus dalam beberapa hari ini adalah yang Popocatepetl di Meksiko. Webcam di bawah ini menunjukkan ledakan dari 10 April. Menurut American Volcanic Ash Advisory Center (VAAC), abu telah menutupi kawah mencapai ketinggian 6000 meter di atas permukaan laut.

Dan seterusnya: gunung berapi Fuego di Guatemala sedang meletus. Dan daftar letusan bisa terus berlanjut karena setiap hari ada berbagai letusan gunung berapi di seluruh dunia.

Tidak ada yang baru: ratusan gunung berapi aktif di seluruh dunia

Tidak ada yang baru atau aneh tentang letusan ini, ahli geologi meyakinkan kami: Ada ratusan gunung berapi aktif di seluruh dunia, dan dalam beberapa kasus, letusan dapat terjadi pada waktu yang bersamaan.

itu sebagian besar ditemukan di sepanjang Cincin Api Pasifik. Daerah ini dikenal dengan aktivitas vulkanik dan seismiknya yang intens. Membentang dari Andes hingga pulau-pulau di Indonesia, dari Meksiko hingga Jepang, dari Kepulauan Aleut hingga Selandia Baru. Di daerah yang bergolak secara geologis ini, 90% dari semua gempa bumi tercatat.

Written By
More from Hulwi Zafar

Harga emas turun, investor harus menunggu dan melihat

Contoh. Seorang karyawan menunjukkan keping emas di kantor Pallasia Selatan di Makassar...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *