737 Max skandal: Boeing menerima denda multi-miliar

Skandal sekitar 737 Max
Boeing menerima denda multi-miliar

Boeing bisa bernapas lega: setelah menerima denda satu miliar dolar, pengadilan Amerika menahan diri untuk melanjutkan penyelidikan terhadap produsen pesawat tersebut. Kelompok itu sebelumnya telah dituduh “menutupi” setelah kecelakaan dua 737 Max.

Produsen pesawat Amerika Boeing akan membayar $ 2,5 miliar, atau sekitar dua miliar euro, denda dan kompensasi sehubungan dengan jatuhnya dua 737 Max. Departemen Kehakiman AS di Washington mengatakan perusahaan telah menerima denda tersebut. Sebagai gantinya, proses pidana terhadap perusahaan di Amerika Serikat atas konspirasi untuk melakukan penipuan akan ditangguhkan.

Boeing 173.76

Kantor kejaksaan AS menuduh Boeing menahan informasi tentang sistem stabilisasi MCAS dari otoritas regulasi. Sistem tersebut memainkan peran penting dalam dua kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia, dengan total 346 korban jiwa. Jika terjadi penundaan, secara otomatis akan menekan hidung pesawat ke bawah, bahkan jika pilot sedang melawannya.

Perusahaan telah menempatkan “keuntungan atas keterbukaan”, menyebarkan “setengah kebenaran” dan “menutupi” pihak berwenang, kata jaksa penuntut AS. Produsen pesawat seharusnya membayar denda $ 243,6 juta, $ 1,77 miliar sebagai kompensasi kepada pelanggannya dan $ 500 juta untuk dana kompensasi bagi korban kecelakaan yang selamat.

CEO David Calhoun mengatakan denda itu adalah “hal yang benar” mengingat kegagalan perusahaan. Ini adalah “pengingat serius bagi kita semua betapa pentingnya kewajiban transparansi kita terhadap otoritas pengawas dan konsekuensi apa yang ditimbulkannya bagi perusahaan kita jika salah satu dari kita tidak memenuhi harapan ini”.

Otoritas AS mencabut larangan penerbangan 737 Max pada pertengahan November, yang telah diberlakukan selama 20 bulan. Larangan itu diberlakukan menyusul dua kecelakaan itu. Untuk mendapatkan lampu hijau untuk dimulainya kembali lalu lintas udara untuk 737 MAX, Boeing telah melakukan sejumlah modifikasi teknis.

READ  Inggris Bercerai dengan baik dengan EU, Dow Futures dkk. Perkasa!
Written By
More from Hulwi Zafar

Jangan lewatkan acara Meter Shower and Sky hingga pertengahan November 2020

Malang terakhir– Fenomena langit Seperti gerhana dan hujan meteor Merupakan gerakan langit...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *