2022 EB5 ditemukan dua jam sebelumnya – dampak asteroid dengan pengumuman

Asteroid 2022 EB5 13 menit sebelum memasuki atmosfer Bumi (ESA)

Apa yang tampak seperti awal dari sebuah drama Hollywood sebenarnya tidak begitu menarik. Karena dengan cepat ternyata potongan itu hanya berdiameter sekitar dua meter dan karenanya tidak berbahaya.

Namun, itu adalah tes yang ideal untuk perangkat lunak peringatan NASA. Krisztián Sárneczky segera mengirimkan pengamatannya ke Asteroid Center di Cambridge, AS. Perangkat lunak khusus terus-menerus menganalisis semua data untuk mendeteksi kemungkinan dampak di bumi. Dia memperkirakan hantaman tepat di utara Islandia – kurang dari satu jam sebelum tumbukan.

Gambar dari satelit cuaca Meteosat kemudian menunjukkan titik cahaya yang terlihat selama beberapa detik. Tidak jelas apakah rekaman itu benar-benar mendokumentasikan bagaimana potongan itu terbakar di atmosfer – karena waktu dan lokasinya tidak sama persis.

Pengembangan perangkat lunak peringatan memiliki latar belakang yang serius. Sembilan tahun lalu, sebuah asteroid setinggi 20 meter meledak di atas kota Chelyabinsk, Rusia. 1.200 orang terluka.

Pemogokan tidak dapat dihindari di masa depan hanya dengan peringatan beberapa jam – tetapi para ahli setidaknya dapat memperingatkan orang-orang di daerah yang terkena dampak.

READ  Microsoft PowerToys: Koleksi Alat menerima fitur yang telah lama ditunggu-tunggu
Written By
More from Munir Rad
Masalah global dengan Microsoft Exchange Server
Awal tahun 2022 akan membuat server Microsoft Exchange tersandung di seluruh dunia....
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.