Masalah Sampah Viral di Samosir, Ini Harapan Vandiko Timotius Gultom


Balon Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom, akrab dengan masyarakat. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Masalah sampah di Kabupaten Samosir menjadi perbincangan serius di kalangan masyarakat, karena ditumpuk di hutan register 64.

Karena menjadi topik trending dan viral di media sosial, Komisi III DPRD Samosir langsung turun ke hutan register 64 di Kecamatan Ronggurni Huta, lokasi pembuangan sampah itu.

Ketua Komisi III Jonner Simbolon bersama legislatif lainnya Rismawati Simarmata dan Pantas Marroha Sinaga turun ke tempat pembuangan sampah itu, bersama Camat Ronggur Nihuta.

Balon Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom. (Ist)
Balon Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, angkat bicara atas permasalahan sampah itu. "Pengelolaan sampah harus ditangani dengan cara yang profesional, bahkan bisa didaur ulang menjadi kompos, yang bermanfaat bagi masyarakat petani," sebutnya kepada wartawan, Jumat (6/3/2020) di Pangururan.
Balon Bupati yang diidolakan para kaum milenial itu menyampaikan, walaupun tempat pembuangan sampah yang di Ronggur Nihuta itu jauh dari pemukiman warga, namun kalau tidak ditangani dengan baik tetap juga berdampak buruk.
Pengolahan sampah di Kabupaten Samosir menurut Vandiko, sebaiknya memakai metode sanitary landfill (oemusnahan sampah dalam lubang cakung; red).

Dia menjelaskan, sebelumnya dipilah atau diurai dulu mana bisa didaur menjadi kompos dan mana yang harus dimusnahkan. "Maka sampah yang diolah menjadi kompos, dapat membantu menyuburkan tanah Samosir ini," ujarnya serius.
Bahkan menurutnya, bisa digunakan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah. "Untuk itu kita harus mau menurunkan ahlinya dan melaporkan perencanaan pembiayaan ke Kementerian PUPR," pungkasnya.
Ia menambahkan, kalau serius dan ada niat baik, tidak ada persoalan sampah. "Dan perlu dipedomani, kita harus bersahabat dengan alam, karena alam telah memberi kita kehidupan," imbuh Vandiko.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.