Kabupaten Samosir Tuan Rumah Rakerda Unit Pemberantasan Pungli Sumut

Bupati dan Wabup Samosir, ketika rakerda UPP Pemberantasan Pungli se Sumatera Utara di Kabupaten Samosir. (Ist)

SAMOSIRNews - Tuktuk

Penyelenggaraan program pemerintah yang berkualitas dan pelayanan publik bersih, jujur dan transparan harus terhindar dari pungutan liar.

Hal ini disampaikan, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, ketika rapat kerja daerah (Rakerda) Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Provinsi Sumatera Utara di Hotel Samosir Cottage Tuktuk, Kecamatan Simanindo, Kamis (5/3/2020).

Rapat kerja dibuka secara resmi oleh Sekretaris Satgas Saber Pungli RI  Irjen Pol Widiyanto Poesoko serta dihadiri Ketua UPP Saber Pungli Sumatera Utara Kombes Pol Eko Kristianto, SIk, M.Si, Wakil Ketua Pelaksana I UPP Saber Pungli Provsu Lasro Marbun, SH, M.Hum, Asisten Pengawas Kejaksaan Tinggi Provsu  sekaligus Wakil Ketua Pelaksana II  UPP Saber Pungli Provsu Didi Suhardi, SH, MH dan pihak terkait lainnya.

Dikatakan Juang, bahwa pemerintah telah bergerak cepat dalam memberantas praktek pungutan liar pada pelayanan publik. "Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar," sebutnya.

 Ditegaskannya, pemberantasan pungli merupakan salah satu upaya yang sangat penting dalam mendorong pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi.

Ia mengajak seluruh aparatur untuk melakukan langkah konkrit dalam memberantas pungli. "Perlu juga peningkatkan pelayanan publik dengan memangkas memangkas jalur birokrasi yang bertele-tele.

Wabup Juang  juga menekankan, agar tidak memandang pungutan liar dengan besar kecilnya nilai. "Tapi pungutan liar ini telah membuat masyarakat kesulitan dalam memperoleh pelayanan," ujarnya.

Menurutnya, pungli telah melemahkan masyarakat. kita dengan daerah lain yang telah tertib. "Paradigma pelayanan umum yang selama ini memiliki konotasi negatif yaitu " Kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah" harus diubah," tegas Juang.

Rakerda Unit Pemberantasan Pungutan Liar tingkat Sumatera Utara mengambil tema "Wisata Danau Toba Nyaman tanpa Pungutan Liar".

Reporter; Chandra
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.