Kabupaten Samosir Terbaik se Sumatera Utara, Masuk 15 Nominasi PPD Tingkat Nasional

Bupati Rapidin Simbolon bersama Presiden RI Joko Widodo. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Kabupaten Samosir di bawah kepemimpinan Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga, menunjukkan keberhasilannya setelah berhasil menjadi yang terbaik di Sumatera Utara dan menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

"Samosir berhasil sebagai Kabupaten terbaik se Sumatera Utara dan menjadi utusan propinsi di tingkat nasional untuk Penghargaan Pembangunan Nasional," sebut Bupati Rapidin Simbolon, kepada wartawan, Selasa (17/3/2020) di Pangururan.

Dijelaskannya, bahwa Samosir menjadi salah satu nominasi dari 15 Kabupaten seluruh Indonesia, yang akan dinilai dan diuji. " Selanjutnya Kementerian Pembangunan Nasional akan menentukan 10 daerah," imbuhnya.

Bupati Rapidin berharap, agar aparatur daerah sungguh sungguh dalam mempersiapkan diri untuk meraih prestasi nasional itu.

Senada dengan Bupati, Kepala Bappeda Samosir, Rudi Siahaan merinci ada beberapa aspek yang akan dinilai.

1. Aspek Pencapaian Pembangunan (30%) meliputi, pertumbuhan ekonomi,transparansi dan akuntabilitas

2. Aspek Kualitas Dokumen RKPD (20%) meliputi keterkaitan antar dokumen perencanaan dari RKP Pusat, RPJMD hingga RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2020, konsistensi antar Substansi dalam dokumen RK dan elengkapan dan kedalaman dokumen RKPD 2020 hingga tingkat keterukuran perencanaan dalam dokumen

3. Aspek Proses Penyusunan Dokumen RKPD (30%) meliputi kualitas proses dalam penyusunan RKPD Tahun 2020 secara bottom up, top fown, teknokratik dan politis dilihat sejak pelaksanaan musrenbang dusun,desa dan musrenbang Kabupaten.

4. Aspek Inovasi (20%) meliputi hasil inovasi, proses Inovasi, hingga manfaat inovasi.

Rudi juga menjelaskan, dari banyaknya inovasi daerah hanya dapat mengusulkan 1 inovasi dan diperlukan kajian dan analisa terhadap inovasi yang diusulkan dan sesuai dengan RKP Tahun 2020 yakni “Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk pertumbuhan berkualitas”.

Mantan Kabag Umumum Setdakab Samosir itu menambahkan, tahapan penilaian terdiri dari pengumpulan dokumen, presentasi dan wawancara. "Kabupaten Samosir salah satu nominasi di Indonesia yang lulus dalam tahapan ini," pungkasnya.

Rudi yang juga pernah menjabat Camat Simanindo itu, menyebutkan saat ini, 17 Maret 2020 di Kantor Kementerian PPN/Bappenas akan mengikuti penilaian verifikasi dan wawancara.

Reporter; Chandra
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.