Diinisiasi Punguan Ama, Stasi Santa Maria Pardugul akan Rayakan Paskah 2020


Kaum perempuan mengikuti lomba dengan semangat, pada perayaan Paskah tahun lalu di Gereja Katolik Stasi Santa Maria Pardugul, Paroki Santo Mikael Pangururan. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Gereja Katolik Santa Maria Pardugul, Paroki Santo Mikael Pangururan, Keuskupan Agung Medan akan merayakan Paskah tahun 2020. "Acara puncak perayaan Hari Raya Paskah, akan digelar Minggu 12 April 2020," sebut Ketua Panitia, Maniur Sitanggang kepada wartawan, Minggu (8/3/2020) di Buhit.

Dia menjelaskan, perayaan Paskah sebagai program untuk menumbuhkan nilai nilai kebaikan jemaat, telah menjadi agenda tahunan di Stasi Pardugul. "Perayaan ini diinisiasi oleh Punguan Ama Katolik (PAK) di stasi," imbuh Maniur.

Dijelaskan juga, untuk perayaan tahun ini, mengambil tema "Bangkitlah berbuat kebaikan kepada sesama, khususnya di Stasi Santa Maria Pardugul".

Selanjutnya disebutkan, ada berbagai perlombaan sederhana antar lingkungan (lunggu) yang akan dipertandingkan, diantaranya lomba lari goni untuk tingkat Sekami, kaum bapa dan ibu termasuk Orang Muda Katolik (OMK).

"Program yang paling bermanfaat, ada pemberian bantuan kepada pelajar berprestasi sebagai motivasi untuk belajar lebih giat," pungkas Maniur yang biasa dipanggil Ama Torop.

Pada acara puncak nantinya, bertepatan dengan Hari Raya Paskah yakni Kebangkitan Yesus Kristus, harus dimaknai bahwa seluruh rangkaian kegiatan sebagai upaya "membangkitkan" perilaku setiap umat untuk berbuat "kebaikan".

Maniur mengatakan, pada perayaan puncak ada lomba koor, lomba memasak bagi kaum ibu dan perayaan liturgi akan dipadu secara inkulturatif yakni dengan menggunakan musik tradisional Gondang Batak.

Sedangkan Pengurus Dewan Pastoral Stasi Santa Maria Pardugul, Robin Nainggolan menekankan, kegiatan semacam ini harus digalakkan dan dikemas serius di gereja gereja. "Untuk mempererat rasa persaudaraan dan menumbuhkan nilai kebaikan bagi umat gereja," ujarnya.

Di era digitalisasi saat ini, menurutnya, perlu menggalakkan kegiatan yang mampu meningkatkan kualitas iman. "Sehingga mampu menangkal "virus" negatif yang merusak moral masyarakat," tegas Robin.

Ini daftar Panitia Perayaan Paskah Stasi Santa Maria Pardugul tahun 2020, Ketua Maniur Sitanggang, Sekretaris Tumbor Pasaribu, Bendahara Korlina Sitanggang.

Selanjutnya Kordinator seksi Tobok Simbolon, Hotraja Sitanggang seksi dana, Jonner Sinurat seksi perlombaan, Angga Sagala seksi dekorasi dan Patar Sitanggang seksi liturgi.

Reporter; Chandra
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.