Antisipasi Awal Covid 19, Suhu Tubuh Peserta Musrembang 2021 Diperiksa Suhu Tubuh

Musrenbang RKPD tahun 2021 Kabupaten Samosir. (Ist)
SAMOSIRNews - Pangururan

Langkah konkrit pencegahan penyebaran Corona atau Covid-19 tampak pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Samosir untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021, di Hotel JTS Pangururan, Kamis (19/3/2020) diukur suhu tubuhnya menggunakan termometer.

Kepala Bappeda Samosir, Rudi Siahaan kepada wartawan mengatakan, seluruh peserta musrembang diperiksa suhu tubuhnya. "Langkah awal untuk pencegahan penyebaran virus corona," sebutnya.

Ia menjelaskan, Bappeda Samosir berkoordinasi dengan petugas satgas pencegahan corona 19 dan pihak pihak terkait. "Sehingga regulasi pelaksanaan program daerah tetap berjalan, dengan tetap siaga," ujar Rudi.

Dijelaskannya, pelaksanaan musrembang selama dua hari ini akan tetap fokus dengan prosedur yang dianjurkan dengan langkah awal pencegahan penyebaran virus corona.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam ketika membuka Musrenbang Kabupaten 2021 mengatakan, RKPD mempunyai kedudukan, peran dan fungsi startegis dalam penyelengaraan pemerintahan daerah.

"Secara substansial RKPD memuat seluruh program dan kegiatan pemanfaatan keuangan daerah dalam upaya peningkatan pelayanan, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan didaerah," jelas Rapidin.

Ia mengatakan, secara formal RKPD menjadi landasan awal perencanaan dan penyusunan kebijakan penganggaran sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.

Dijelaskan juga, bahwa penyusunan RKPD merupakan jawaban atas beberapa isu strategis pembangunan yang perlu mendapat perhatian serius. "Diantaranya penguatan kapasitas aparatur, tata kelola pemerintahan dan birokrasi, peningkatan pelayanan dasar, penanggulangan kemiskinan, jaminan sosial, pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan pelayanan dasar," imbuh Rapidin.

Sedangkan Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba berharap, penyusunan RKPD ini yang dilandasi musrembang harus sesuai dengan aspirasi masyarakat Samosir.

"DPRD Samosir yang telah menampung aspirasi masyaraakt melalui reses di daerah pemilihannya, perlu menjadi prioritas," ujar Saut Martua.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.