Pariwisata dan Pertanian Fokus RKPD 2021 Kabupaten Samosir

RKPD 2021 Kabupaten Samosir dibahas, fokus pada peningkatan SDM, pariwisata dan pertanian. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Samosir fokus pada pembangunan SDM, pariwisata dan pertanian.

Hal itu dijelaskan Bupati Samosir,  Rapidin Simbolon, kepada wartawan, Jumat (7/2/2020) seusai membahas RKPD 2021 bersama pimpinan OPD dan berbagai stakeholder lainnya di Aula Kantor Bupati, Jalan Rianiate Pangururan.

"RKPD 2021 mengambil tema Pembangunan SDM, Pemantapan Pariwisata dan Pertanian untuk pertumbuhan ekonomi yang berkwalitas," sebutnya.

Ia menjelaskan, RKPD merupakan tahapan awal yang harus menjadi  rancangan dan rumusan prioritas pembangunan daerah. "Maka OPD harus menyusun RKPDnya dengan baik," imbuh Rapidin.

Dikatakannya, untuk RKPD 2021 diperlukan integrasi sistim perencanaan dan diharapkan OPD memberikan argumentasi dengan mengacu pada indikator program kerja yang memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

"Apa yang kita programkan harus mempunyai efek multi ganda yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegas Rapidin.

Dia juga menjelaskan, lintas Organisa Perangkat Daerah perlu menjalin koordinasi, sehingga hasil perencanaan saling mendukung dan sesuai dengan visi daerah. "Program pembangunan 2021 harus simetris dengan pemerintah propinsi dan pusat," tandasnya lagi.

Pariwisata dan pertanian menurut Rapidin, diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir. "Ditargetkan pembangunan pompa air dan irigasi pertanian untuk mengatasi musim yang tidak menentu," kata Rapidin.

Pada pembahasan RKPD 2021, turut hadir Sekdakab Jabiat Sagala, Asisten Adiministrasi Umum Lemen Manurung, Kepala BPS Kabupaten Samosir dan pihak pihak terkait.

Reporter; Valensius
Editor; Freddy

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.