Gondang Naposo Budaya Daerah yang Menjadi Magnet Wisata

Bupati Rapidin Simbolon memberikan motivasi kepada generasi milenial di Tomok, pada festival Gondang Naposo. (SAMOSIRNews/Ist)

SAMOSIRNews - Tomok

Festival Gondang Naposo merupakan asset budaya daerah yang mampu menjadi magnet wisatawan. "Pelaksanaan festival yang diinisiasi generasi muda ini harus didukung," sebut Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada wartawan, Minggu (9/2/2020).

Ia mengapresiasi pelaksanaan Festival Gondang Naposo Tomok yang digelar selama tiga hari, Jumat-Minggu (7-9/2) oleh generasi milenial atau Naposo Bulung Bius Tomok, di lokasi objek wisata Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Rapidin didaulat melakukan pemukulan Gondang Batak pertanda dibukanya festival yang mendukung pariwisata Samosir itu didampingi Penasehat Naposo Bulung Tomok Harry Bos Sidabutar.

Bupati mengatakan, ada tiga hal utama dalam pembangunan kawasan wisata Kabupaten Samosir di antaranya aksesibilitas, amenitas dan atraksi.

Festival Gondang Naposo Tomok yang dirangkai dengan festival budaya dan pemeran kuliner merupakan salah satu upaya dalam memperkaya atraksi budaya dalam menarik wisatawan.

"Patut kita apresiasi dan kita dukung, apalagi Tomok merupakan salah satu pintu masuk utama wisatawan di Kabupaten Samosir," sebut Rapidin.

Dia berharap festival gondang naposo yang selama ini dilaksanakan sekali dalam tiga tahun, bisa dilaksanakan setiap tahunnya. "Pemkab Samosir siap mendukung," tegasnya.

Selanjutnya, Bupati Samosir menyampaikan bantuan sebesar Rp. 25 juta kepada panitia pelaksana, untuk mendukung rangkaian pelaksanaan festival budaya itu.

Reporter; Valensius
Editor; Freddy

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.