Liburan Natal dan Tahun Baru, Kabupaten Samosir Raup Rp. 212,4 Juta PAD dan Dikunjungi 35.210 Wisatawan


Air terjun Efrata di Kecamatan Harian, salah satu objek wisata andalan Samosir. (Ist) 

SAMOSIRNews - Pangururan

Dalam tempo 11 hari saja, Kabupaten Samosir yang sedang fokus dengan pembenahan sektor pariwisata dengan dukungan pemerintah pusat, dikunjungi 35.210 wisatawan.

Hal ini dijelaskan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon kepada wartawan, Kamis (2/1/2020) di Pangururan. "Ini hanya kunjungan wisatawan di objek wisata yang dikelola Pemkab Samosir," sebutnya.

Ia memaparkan, data kunjungan selama liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 itu, dipastikan akan bertambah sampai 5 Januari 2020. "Sampai akhir pekan ini dipastikan nangka kunjungan wisatawan akan bertambah," imbuhnya.

Menurut Rapidin, kunjungan wisatawan itu terdata sejak tanggal 20 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020. "Dari kunjungan wisatawan selama 11 hari itu, Pemkab Samosir mendapatkan PAD Rp.212.494.000," pungkasnya.

Ia menambahkan, berdasarkan kunjungan wisatawan pada liburan Nataru, akan memberikan gambaran multiplier effect yang cukup bagus bagi pendapatan masyarakat.

Diantaranya sebut Rapidin, sektor bisnis rumah makan, tingkat hunian hotel dan home stay yang meningkat signifikan. "Hampir 100 persen tingkat hunian penginapan meningkat," ujar Rapidin.

Selanjutnya dia berharap, bila ada hal-hal ada yang kurang baik selama berwisata di Samosir agar disampaikan langsung ke pemerintah daerah. "Mohon sampaikan kepada kami, agar kita perbaiki bersama," harapnya.

Reporter; Valensius
Editor; Helbos



Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.