Pulau Samosir Semakin Banyak Dikunjungi Wisatawan, PUPR akan Revitalisasi Rumah Adat Gorga

Presiden Jokowi di rumah adat, saat berkunjung ke Samosir. (Ist) 

SAMOSIRNews - Jakarta

Program pembangunan di Kabupaten Samosir, ternyata menjadi prioritas juga di Kementerian PUPR. Kemarin (Jumat, 27/12/201) akun resmi mereka merilis rencana revitalisasi rumah adat di daerah wisata yang menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ini.

Kalau pemerintah pusat begitu signifikan dengan fokus pembangunan ke bona pasogit "Samosir", bagaimana dengan masyarakatnya....

"Apakah telah siap dengan fokus program pusat itu?"

Masyarakat Samosir yang tinggal di bona pasogit maupun para perantau yang pada Nataru (Natal dan Tahun Baru), secara berkala setiap tahunnya menjadi bagian dari pelaku pariwisata.

Baik sebagai wisawatan maupun sebagai tuan rumah harus saling menjaga, kebersihan, ketertiban maupun standart harga di berbagai objek wisata Samosir. "Jangan saling memburukkan! "

Perhatian!!! Para sahabat SAMOSIRNews, akun Kementerian PUPR saja, melakukan promosi buat kita di Kabupaten Samosir. "Bagaimana dengan kita?"

***Sahabat PUPR pernah mendengar Rumah Gorga? Rumah tersebut merupakan rumah adat Suku Batak atau juga dapat disebut Rumah Batak Samosir.

Sehubungan dengan Pulau Samosir yang kian banyak didatangi wisatawan, maka akan dilakukan revitalisasi Rumah Adat Gorga.

Rumah Adat Gorga yang sudah tua dan kurang layak akan diperbaiki untuk dijadikan sebagai tempat pelatihan tenun Kain Ulos sebagai cinderamata khas daerah setempat.

Selain itu, setelah direvitalisasi, Rumah-rumah Adat Gorga tersebut dapat difungsikan sebagai homestay bagi para wisatawan.

Jika berkunjung ke wisata tersebut, sahabatPUPR akan berkesempatan merasakan uniknya menginap di Rumah Adat Gorga, lho. Sangat menarik, kan?

Oleh; Tim Redaksi SAMOSIRNews


Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.