Hampir Satu Hektar Ladang Warga Rusak di Desa Holbung, Banjir Susulan Kembali Terjadi

Masyarakat dan aparat TNI/Polri beserta pihak kecamatan melakukan pembersihan material banjir. (Ist) 

SAMOSIRNews - Holbung

Banjir yang terjadi di Desa Holbung, Kecamatan Sitiotio, Kabupaten Sumatera Utara pada Minggu malam lalu (8/12/2019) sekira pukul 23.00 Wib, merusak ladang warga setempat kurang lebih satu hektar.

Namun fasilitas umum seperti jalan penghubung antar dusun terputus total, akibat banjir yang bercampur lumpur dan bebatuan.

Seorang warga setempat, Patar Siringoringo kepada wartawan menjelaskan, banjir diawali suara gemuruh pertama sekali terjadi Minggu tengah malam.  "Ketinggian air banjir bercampur lumpur mencapai 3 meter," sebutnya.

Ia menyatakan, sekira pukul 10.00 Wib hari ini (Senin, 9/12/2019) juga terjadi banjir susulan di lokasi yang sama. "Tapi tidak sebesar banjir tadi malam," sebutnya.

Menurut Patar, banjir yang menerjang perkampungan mereka diawali dengan turunnya hujan deras mengguyur daerah itu.

Camat Sitiotio, Bresman Simbolon ditemui di lokasi banjir saat pembersihan material banjir, kepada wartawan mengatakan, pemerintah bersama masyarakat telah melakukan gotong-royong.

"Menunggu alat berat yang akan diturunkan Pemkab Samosir, kita telah membersihkan pepohonan," sebutnya.

Dia mengatakan, karena medan menuju lokasi banjir sangat sulit, membutuhkan waktu untuk menurunkan alat berat untuk pembersihan lokasi banjir.

Camat Bresman juga menyarankan warga setempat agar tetap terkendali. "Tidak ada yang mengungsi, namun kita sarankan agar tetap waspada," katanya.

Tampak di lokasi banjir, selain pihak Pemkab Samosir melalui aparatur kecamatan, TNI dan Polri bersama sama melakuk pembersihan.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (10/12/2019) mengatakan, akan meninjau lokasi banjir. "Kita siap siap menuju lokasi," sebutnya.

Reporter; Josner
Editor; Freddy


Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.