Bupati Rapidin Simbolon Tak Kuasa Menahan Air Mata Saat Memberi Beasiswa bagi Yatim Piatu


Bupati Samosir Rapidin Simbolon tak bisa menahan air mata, saat memberikan bantuan beasiswa bagi yatim piatu. (Ist) 

SAMOSIRNews - Pangururan

Sebanyak 225 siswa berprestasi dan 766 pelajar yatim piatu tingkat SD,SMP dan SMA/SMK mendapatkan beasiswa dari Pemkab Samosir.

"Untuk siswa berprestasi diberikan kepada pelajar yang meraih juara 1 di sekolahnya pada semester II Tahun Pelajaran 2018," jelas Kadis Pendidikan, Rikardo Hutajurlu kepada wartawan, Selasa (24/12/2019) di Pangururan.

Ia memaparkan, bantuan sosial pendidikan itu, untuk yatim piatu;
- SD      Rp 300.000
- SMP    Rp 400.000
- SMA/SMK Rp 450.000

Sementara untuk beasiswa berprestasi;
- SD       Rp 300.000
- SMP    Rp 350.000
- SMA/SMK Rp 450.000

Pemberian beasiswa yang dirangkai dengan perayaan Natal Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir itu, dihadiri Bupati dan Wabup serta OPD dan orangtua siswa penerima beasiswa berprestasi di Hotel Dainang, Jalan Putri Lopian, Pangururan.

Rikardo menyampaikan, prestasi Samosir bidang pendidikan tahun 2019 mengalami peningkatan. "Peringkat IV nilai rata rata UN se-Sumatera Utara dan jumlah siswa yang masuk SMA Unggul di Del, Sopo Surung serta Matauli meningkat," pungkasnya.

Dikatakannya, beasiswa juga akan diberikan kepada mahasiswa berprestasi di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Samosir.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menekankan agar Kadis Pendidikan mengawal pendidikan anak yatim piatu. "Kita harus memberikan kasih sayang kepada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari terutama anak yatim piatu," ujarnya.

Ketika memberikan beasiswa bagi pelajar SD yang telah yatim piatu, Bupati Rapidin Simbolon tampak terharu dan tak bisa membendung air mata.

Pemberian beasiswa menurutnya, merupakan motivasi bagi siswa untuk lebih berprestasi dalam meraih cita-cita. "Bilila kita serius membenahi pendidikan dari sekarang, maka kita akan menuainya dalam kurun waktu beberapa tahun lagi," imbuh Rapidin.

Reporter; Candra
Editor; Freddy

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.