Susun Master Plan Integrated Tourism, Pemkab Samosir Gandeng Pelaku Usaha Lokal

Kepala Bappeda Samosir, Rudi M Siahaan memaparkan perlunya ITMP. (Ist) 

SAMOSIRNews - Pangururan

Pemkab Samosir menggandeng praktisi pariwisata dan pelaku usaha lokal, untuk menyusun Integrated Tourism Master Plan (ITMP) dengan menampung usulan-usulan kepariwisataan yang terintegrasi.

Untuk mewujudkannya, Bappeda Samosir menghadirkan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Perhimpunan Pengusaha Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI), Pegiat Seni dan Budaya (PSB) berkoordinasi.

Kepala Bappeda Samosir, Rudi Siahaan mengatakan, pertemuan ini bertujuan mengumpulkan usulan-usulan yang sesuai dengan kebutuhan praktis lapangan untuk ITMP.

"Ada 4 lokasi yang masuk Key Tourism Area (KTA), Kabupaten Samosir mendapat 2 lokasi yakni Kecamatan Simanindo dan Pangururan," sebutnya.

Dia menambahkan usulan-usulan praktis dan nyata dari peserta untuk penyusunan master plan sangat berguna bagi tim pusat Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) mulai dari kerangka konseptual, strategi, teknis dan penganggarannya.

Rudi juga menyampaikan, keseriusan Pemerintah Pusat dalam program pembangunan Kawasan Strategis Pembangunan Nasional, harus diimbangi dengan kesiapan di daerah. "Maka percepatan ekonomi masyarakat akan tercapai," imbuhnya.

Para pelaku usaha dan pegiat kepariwisataan bersepakat menyampaikan beberapa usulan untuk kenyamanan para wisatawan.

Diantaranya, pengadaan petunjuk arah wisata, diikutsertakan dalam kegiatan kepariwisataan nasional dan internasional, mengadakan lomba Sapta Pesona dan pelatihan khusus bagi pelaku wisata.

Selain itu perlu penghijauan di seluruh objek wisata, pembangunan fasilitas umum, pengadaan papan himbauan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi warga sebagai tuan rumah.

Reporter; Josner
Editor; Helbos


Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.