Presiden Jokowi Lantik Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri

Presiden RI Joko Widodo melantik Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri. (Ist) 

SAMOSIRNews - Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Idham Azis menjabat Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11/2019, menggantikan Jenderal Purnawirawan Tito Karnavian yang ditunjuk menjadi Menteri Dalam Negeri di Kabinet Indonesia Maju.

Pengangkatan Idham Azis sebagai Kapolri sesuai Keputusan Presiden Nomor 97 Tahun 2019 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian, berlaku sejak pelantikan pejabat.

Presiden Jokowi mengawali prosesi pelantikan, kemudian menanyakan kesediaan Idham untuk diambil sumpahnya. Selanjutnya Jenderal ulusan Akpol 1988 itu menyatakan bersedia.

Pelantikan Kapolri juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta jajaran Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan sejumlah pimpinan parpol.

Sebelumnya, Idham Azis resmi ditetapkan oleh DPR dalam rapat paripurna sebagai Kapolri, setelah dia lolos uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan di DPR, Idham membeberkan tujuh program prioritas untuk memajukan Polri. Program tersebut merupakan penguatan Polri Promoter alias profesional, modern dan terpercaya.

Tujuh progra mantan Kabareskrim itu, yakni pertama, mewujudkan SDM yang unggul. Kedua, pemantapan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (harkamtibnas). Ketiga, penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan.

Keempat, pemantapan manajemen media. Kelima, penguatan sinergi polisi. Keenam, penataan kelembagaan, dan ketujuh penguatan pengawasan. (BPI)

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.