Pemkab Samosir Bentuk Tim URC, Tanggulangi Virus Hog Cholera

Pemkab Samosir membentuk tim URC menanggulangi wabah hog cholera. (Ist) 

SAMOSIRNews - Pangururan

Terdata di Kabupaten Samosir, 5 kecamatan telah terdeteksi wabah hog cholera yakni kecamatan Pangururan, Simanindo, Palipi, Harian dan Sianjir mula-mula.

Demikian dikatakan Kadis Pertanian, Viktor Sitinjak kepada wartawan, Rabu (20/11/2019) di Pangururan. "Kita telah membentuk tim URC (Unit Reaksi Cepat) untuk penanggulangan virus hog cholera dan ASF," sebutnya.

Menurutnya, Dinas Ketahanan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara melalui Kabid Peternakan, telah menyambangi Kabupaten Samosir untuk menghentikan penyebaran virus hog cholera.

"Langkah awal yang dilakukan oleh tim URC, mencegah pembuangan bangkai babi di sungai, danau dan tempat pembuangan sampah," ujar Viktor.

Ditambahkannya, kerangka kerja praktis tim URC dipusatkan di posko yang ada di kecamatan. "Tim URC yang dibentuk terdiri dari unsur TNI/Polri, SKPD, dan para camat se-Kabupaten Samosir," imbuhnya.

Kordinasi lintas sektoral secara terpadu sangat diperlukan untuk berhasilnya penanggulangan penyebaran virus ASF dan hog cholera, karena saat ini telah terdata sekira 178 ternak babi mati.

Sebelumnya pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan melakukan sosialisasi pencegahan wabah virus hog cholera di Kabupaten Samosir.

Reporter; Valensius
Editor; Helbos

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.