Ayo Berakhir Pekan di Samosir, Ada Pagelaran Budaya "Horja Bius"

Pagelaran budaya Horja Bius, menarik minat wisatawan. (Ist) 

SAMOSIRNews - Pangururan

Kabupaten Samosir, Sumatera Utara menjadi tempat wisata yang menjanjikan, baik bagi wisawatan lokal maupun mancanegara.

"Berlibur sembari menikmati akhir pekan, ayo ke Samosir yang akan menyuguhkan atraksi budaya lokal," ujar Plt Kadis Pariwisata Samosir, Daulat Nainggolan, Rabu (27/11/2019) kepada mimbarumum.co.id, ketika ditemui di kantornya, Parbaba, Kecamatan Pangururan.

Dijelaskannya, para wisatawan akan disuguhkan pagelaran budaya bertajuk "Horja Bius" pada akhir pekan ini. Mulai hari Jum'at sampai Sabtu 29-30 November 2019," pungkas Daulat.

Dijelaskan Daulat, pagelaran Horja Bius yang disajikan bagi wisatawan, merupakan upacara kolosal Batak kuno. "Ini merupakan kekayaan budaya yang memang diminati wisatawan, terutama wisatawan mancanegara," imbuhnya.

Pagelaran Horja Bius, dikatakannya, akan digelar di Tomok, Kecamatan Simanindo, salah satu daerah tujuan wisata di Kabupaten Samosir. "Lokasi ini sekitar 5 menit dari Pelabuhan Tomok atau sekitar 1 jam dari pusat kota Pangururan," sebut Daulat.



Horja Bius adalah sebuah upacara adat tradisional Batak merupakan sebuah adat musyawarah antar warga untuk menyelesaikan sebuah permasalahan guna menghasilkan suatu kesepakatan atau keputusan untuk dijalankan bersama-sama.

Dahulu, di dalam upacara Horja Bius selalu disertai dengan upacara Manghalat Horbo (memotong kerbau; red) sebuah upacara ucapan syukur kepada leluhur atas upayanya dalam membuka desa bagi warga setempat dengan mempersembahkan hewan-hewan pilihan atau lebih tepatnya kerbau pilihan.

Pada saat ini telah dimodifikasi menjadi sebuah teater kolosal, untuk melestarikan budaya Batak untuk mendukung perkembangan potensi pariwisata, khususnya Danau Toba sebagai tujuan wisata kelas dunia.

"Agenda ini merupakan kegiatan rutin Pemkab Samosir, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Samosir," ujar Daulat mengakhiri.

Reporter; Valensius
Editor; Helbos

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.