Pesona Budaya Batak ke-2 di Parapat Berlangsung Meriah, Memukau Wisatawan

Pagelaran Pesona Budaya Batak ke-2 di Parapat, berlangsung meriah dan memukau wisawatan. (Ist) 

SAMOSIRNews - Parapat

Pagelaran Pesona Budaya Batak (PBB) ke-2 selama dua hari, di Open Stage Pagoda Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Jumat-Sabtu (23-24/8/2019), berlangsung meriah.

Acara diawali dengan ziarah akbar ke makan Prof. Dr. M.Sorimangaraja Sitanggang di Huta Mula, Sipolha diikuti anggota Paskibraka, penari (panortor), tokoh adat, komunitas spritual dan keluarga.

Ratusan pengunjung mengikuti prosesi ziarah dan tabur bunga di hari pertama kemudian sore harinya, digelar Karnaval Budaya dengan titik keberangkatan Terminal Sosor Saba, Parapat menuju Open Stage Pagoda.

Karnaval  Budaya memukau seluruh warga dan wisawatan di kota Parapat, sepanjang jalan disuguhkan berbagai pertunjukan seperti tortor sawan, marching band, mossak Batak dan tarian Simalungun.

Panitia juga membagikan 5.000 bungkus dolung dolung (makanan dibungkus daun bambu; red) secara gratis sebagai salah satu upaya untuk menghidupkan kembali dolung dolung sebagai makanan khas Parapat.

Pada hari kedua, Pesona Budaya Batak dibuka dengan ibadahbersama dilanjutkan acara open ceremony ditandai dengan pemukulan  gong dan gondang sabangunan.

Ketua Panitia PBB ke-2, Sorimangaraja Sitanggang mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak.

"Dengan mengangkat thema 'Pesta Rakyat' acara ini bertujuan agar para generasi muda melestarikan dan mengenal budayanya," ujar Sori Mangaraja.

Pagelaran Pesona Budaya Batak diisi dengan berbagai atraksi budaya, yakni penampilan tortor pangurason atau tortor sawan, tortor sombah dari Simalungun, Mossak Batak, Marching Band dari SMU Negeri 1 Parapat, tortor sawan massal, tortor kreasi.

Meski diguyur hujan deras, acara tetap berlangsung hikmat samapai ke puncak kegiatan Mangalahat Horbo. Pada malam hari (Sabtu,24/8/2019) dilanjutkan hiburan pemutaran film Mossak Batak dan pesta kembang api.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.