Jokowi Sambangi Kampung Ulos Huta Raja, 40 Rumah Adat akan Direhabilitasi

Presiden Jokowi di Lumban Suhi Toruan, Kecamatan Pangururan. (Ist) 

SAMOSIRNews - Lumban Suhi

Masyarakat kampung ulos di Huta Raja, Desa Lumban Suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara tak kuasa menahan luapan kegembiraan ketika Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menyambangi permukiman pengrajin tenun itu.

Disambut dengan tarian tortor dan gondang sabangunan (perangkat musik Batak), Jokowi juga ikut manortor.

Sukacita mendalam terlukis di wajah warga, ketika ajakan bersalaman dan berswafoto diladeni Jokowi dengan ciri khasnya.

Dwi Sianipar,  salah seorang warga mengaku sangat gembira dengan kunjungan Presiden Jokowi yang diharapkan memberikan dampak positif bagi kemajuan pariwisata dan pembangunan Kabupaten Samosir.

Presiden RI Joko Widodo berada di rumah adat, saat menyambangi kampung ulos Huta Raja, Lumban Suhi Toruan. (Foto; Setkab)
Kegembiraan masyarakat semakin tak terbendung, saat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Rabu (31/7/2019) mengatakan akan merehabilitasi kampung ulos Huta Raja.

Saat berbincang dengan penduduk setempat, dia menjelaskan akan merealisasikan harapan mereka terkait rencana pengembangan kampung itu sebagai salah satu pusat destinasi wisata.

"Selain sebagai pusat tenun, dengan adanya beberapa Rumah Gorga (rumah Batak yang diukir) yang sudah cukup tua, kawasan ini akan menjadi objek wisata dan pusaka," pungkas Menteri Basuki.

Dijelaskannya, ada sekitar 40 unit rumah yang akan direhabilitasi. "Agar pelatihan tenun ulos dan keahliannya terus berkembang," sebutnya.

Lasmauli Simarmata (67) warga yang berdomisili di kampung ulos mengatakan, bersyukur dengan rencana revitalisasi oleh pemerintah.

"Rumah gorga yang ada di sini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang yang telah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu dan bernilai sejarah," tuturnya. (BS)


Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.