Komunitas Ruma Hela Edukasi Kaum Milenial Mencintai dan Melestarikan Budaya Batak

Wabup Samosir pada Festival Wisata Edukasi Leluhur Batak 2019 Gondang Sabangunan Si Raja Batak. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Komunitas Ruma Hela binaan Hinca Panjaitan, mengajak kaum milenial mencintai dan melestarikan budaya Batak.

Sebagai bangsa yang besar dan penuh potensi budaya, kaum muda harus mencontai budaya dan melestarikannya sesuai keinginan para leluhur.

Hal itu ditegaskan Hinca pada pagelaran Festival Wisata Edukasi Leluhur Batak 2019 Gondang Sabangunan Si Raja Batak di Simullop, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga yang hadir pada festival itu kepada wartawan, Sabtu (19/7/2019) di Pangururan mengatakan, edukasi yang dilakukan Komunitas Ruma Hela patut diapresiasi.

Didampingi Kadis Budpora Samosir Gomgom Naibaho dan Camat Pangururan Dumosch Pandiangan, Wabup menekan perlunya mencintai dan melestarikan budaya sebagai warisan leluhur bangsa.

"Konsep edukasi bagi kaum milenial untuk mengajak dan menjaga serta melestarikan budaya Batak di daerah ini, harus diperbanyak volumenya," sebut Wabup Juang.

Menurutnya, Kabupaten Samosir yang memiliki Pusuk Buhit sebagai salah satu tempat bernilai sejarah harus dilestarikan.

"Pagelaran festival ini di lereng Gunung Pusuk Buhit yang diyakini sebagai tempat sakral, merupakan upaya melestarikan budaya," imbuhnya.

Dipaparkan juga, Samosir yang telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional selain memiliki Danau Toba, juga penuh potensi budaya.

"Budaya Batak adalah sesuatu yang perlu  diketahui oleh kaum milenial sehingga nilainya tidak akan pudar dan tetap terjaga kelestariannya," imbuh Juang.

Pada kesempatan itu, ia mengajak seluruh masyarakat dan kaum muda melalui Komunitas Ruma Hela untuk ikut berperan serta melakukan gotong royong setiap secara rutin.

"Gotong royong ini telah dilakukan oleh aparatur Pemerintah Kabupaten Samosir secara rutin," pungkasnya.

Reporter; Josner
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.