Di Samosir, Maman Suherman Paparkan Cara Menangkal Hoax

Maman Suherman paparan tentang cara menangkal hoax pada Festival Literasi Nusantara Danau Toba. (SAMOSIRNews/Valen)

SAMOSIRNews - Tomok

Rangkaian Festival Literasi Nusantara Danau Toba pada hari kedua, Jumat (12/7/2019) diisi dengan seminar dan workshop literasi  dengan menghadirkan narasumber Maman Suherman.

Topik "Literasi Digital  Dan Cara Menanggulangi Hoaks" yang dibawakan Kang Maman, diadakan di Rumah Bolon Lopo Hotel dengan peserta dari kalangan milenial.

Maman menekankan, masyarakat harus terlebih dahulu melakukan verifikasi, klarifikasi dan konfirmasi terhadap suatu informasi (berita; red) yang menjadi viral di media sosial.

Mantan Pemred di Kompas Media Group itu menuturkan, di era digitalisasi saat ini, suatu berita bisa berujung  dengan penegakan hukum terjerat penyebaran berita palsu.

Kemudian Maman mencontohkan, saat mendekati Pilkada DKI,  suatu berita yang di posting di media sosial dalam hitungan satu jam bisa menjadi trending topik. Dengan hanya menggelontorkan uang sebesar Rp 40 juta.

"Mudah-mudah di Samosir belum ada omong kosong seperti ini. Masyarakat Samosir harus dapat melawan berita palsu," ujarnya.

Ia menambahkan, literasi bisa membuat kita berbeda tetapi tidak bertentangan dan tetap satu perspektif dengan pemahaman baca tulis,  numerasi, digital, financial, sains serta  budaya dan kewargaan.

"Kita harus tetap  berpikir positif,  karena dengan berpikir positif, kreatif dan konstruktif berarti memiliki pemikiran cerdas untuk kemajuan bangsa," kata Maman.

Reporter; Josner
Editor; Dian P
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.