16 Orang Warga Binaan di Rutan Pangururan Dilatih Tehnik Instalasi Listrik

16 warga binaan di Rutan Pangururan dilatih tehnik instalasi listrik. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Samosir melaksanakan pelatihan keterampilan berbasis kompetensi tehnik kelistrikan di Rutan Pangururan dan diikuti 16 orang warga binaan.

"Pelatihan ini  berlangsung sejak acara pembukaan tanggal 28 Juni 2019 oleh  BLK Kabupaten Samosir," sebut Kepala Cabang Rutan Pangururan Fauzi Harahap kepada wartawan, Jumat (12/7/2019) di Pangururan.

Ia menyebutkan, kegiatan pembinaan keterampilan dilaksanakan atas MoU Cabang Rutan Pangururan dengan Balai Latihan Kerja Kabupaten Samosir.

Pelatihan berbasis kompetensi ini, menurut Fauzi merupakan bagian dari lanjutan kegiatan tahun 2018 lalu, setelah telah dilaksanakan kegiatan pelatihan menjahit (garmen; red) kepada 15 orang.

"16 orang warga binaan yang dilatih sisa hukumannya 6 bulan, jadi keterampilan tehnik kelistrikan yang mereka dapat menjadi modal kelak di tengah masyarakat," sebutnya.

 Dijelaskan Fauzi, pelaksanaan pelatihan berlangsung selama 350 jam pelajaran dalam 30 hari dan hingga saat ini.

"Sudah berjalan 5 hari pelatihan dengan metode pelatihan teori dan praktek merangkai jaringan listrik, secara intens," jelasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa tujuan kegiatan pelatihan itu mempersiapkan dan membekali keterampilan warga binaan sebelum integrasi atau kembali kemasyarakat.

"Maka peserta pelatihan yang ikut diutamakan narapidana yang akan segera bebas dan kembali kemasyarakat dalam tempo 3 atau 6 bulan kedepan," tuturnya.

Ia berharap ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan dapat langsung diterapkan di tengah-tengah masyarakat dan akan menjadi modal SDM menopang perekonomiannya.

Reporter; Halomoan
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.