Upacara Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Samosir, Kita Indonesia Kita Pancasila

Bupati Rapidin Simbolon bertindak sebagai inspektur upacara memperingati Hari Lahir Pancasila. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Bupati Samosir Rapidin Simbolon bertindak sebagai inspektur upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tingkat kabupaten di Tanah Lapang Pangururan, Sabtu (1/6/2019).

Upacara diikuti oleh Wabup Samosir Juang Sinaga, Kapolres AKBP Agus Darojat, Pabung 0210 TU Mayor Inf J Aritonang, Kepala Lapas Pangururan, Sekdakab Samosir, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Camat Pangururan, para ASN/THL, TNI/ Polri, Direktur Pemasaran BODT, Ketua dan Anggota TP PKK, DWP, Bhayangkari dan para pelajar.

Dalam sambutan tertulisnya dibacakan Bupati Rapidin,  Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Hariyono menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila," ungkapnya.

Dipaparkan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang azasi harus terus diperjuangkan, harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Berkat Pancasila sebagai bintang  penuntun keberagamaan yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika," sebut Haryono pada pidato tertulisnya.

Ditekankan juga, dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila harus dibangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Pancasila sebagai "Leitstars Dinamis", bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan.

"Indonesia untuk kita semua, maka diperlukan kesadaran dan pemahaman agar saling menghormati, bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada," harap Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI.

Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Samosir. (Ist)

Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik, harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bangsa Indonesia harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

Rakyat Indonesia harus bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. "Kita Indonesia, Kita Pancasila," sebut Hariyono pada akhir pidatonya.

Seusai pelaksanaan upacara, Bupati Rapidin kepada wartawan mengatakan, untuk Kabupaten Samosir pemahaman Pancasila sebagai ideologi bangsa masih terlihat nyata.

Hal itu menurutnya, dibuktikan dengan tingginya tingkat toleransi dan rasa kebhinekaan yang terjadi di kalangan masyarakat.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.