Tekan Angka Penularan HIV/AIDS, Dinkes Samosir Gencar Sosialisasi, Tercatat 11 Orang Penderita



SAMOSIRNews - Pangururan

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan setempat hingga bulan Juni 2019 ini, ada 11 orang positif HIV/AIDS atau ODHA di Kabupaten Samosir.

"Data ini merupakan akumulasi dari tahun 2018 sampai Mei 2019 ini," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir Nimpan Karo-karo kepada wartawan, Selasa (25/6/2019) di Pangururan.

Disebutkannya, penyebab ODHA di Kabupaten Samosir umumnya dikarenakan berbagai faktor, namun mayoritas melalui hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan atau free sex.

Menurut Nimpan, Pemkab Samosir terus berupaya maksimal melalui berbagai cara untuk mendeteksi para penderita HIV/AIDS, untuk menekan angka penularannya di tengah masyarakat.

“Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan VCT pada pekerja hiburan, dengan sistem jemput bola karena sangat sulit meminta pekerja hiburan untuk datang sendiri secara sukarela,” ujar mantan Direktur RSUD Hadrianus Sinaga itu.

Terkait upaya menekan penderita HIV/AIDS, Nimpan Karo-karo mengakui ada kendala yang ditemui di lapangan, walaupun gencar melakukan sosialisasi dan bimbingan.

“Sosialisasi terus kami lakukan baik ke msyarakat umum maupun pelajar, tapi kendalanya ketika sudah diidentifikasi, pengidap HIV itu pindah,” tukasnya

Sesuai data Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir 11 orang yang dinyatakan ODHA menyebar di Kecamatan Pangururan 8 Orang, Kecamatan Harian 1  orang, Kecamatan Simanindo 2 orang.

Reporter; Josner
Editor; Dian P
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.