Ribuan Pengunjung Padati Sigalegale Carnival 2019, Berhasil Membuat Wisatawan Terpesona

Sigale-gale Carnaval 2019 mampu memikat wisatawan. (Ist)

SAMOSIRNews - Tuktuk Siadong

Kekayaan budaya Kabupaten Samosir mampu memikat hati para wisatawan dan membuatnya terpesona.

Hal itu terjadi pada event Samosir Horas Fiesta 2019 yang menggelar Sigale Gale Carnival, Sabtu (8/6/2019).

Kawasan wisata Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara dipadati ribuan pengunjung.

Hujan yang sempat turun di lokasi parade Sigale-gale Carnival yang mengangkat tema "The Beauty of Ulos", tak membuat wisatawan bergeming demi menyaksikan karnaval.

Demikian dikatakan Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada wartawan di sela parade karnaval yang dimulai dari Garoga, Ambarita.

"Sigalegale menjadi identitas budaya Samosir, patut menjadi sebuah mukadina kebesaran budaya Batak. Apalagi karnaval ini mengangkat ulos yang merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya Batak," ujar Rapidin.

Parade semakin menarik ketika karnaval menampilkan patung Sigale-gale raksasa. Meski berukuran besar, patung ini pun mampu menari mengikuti irama gondang.

"Kekayaan budaya menjadi sebuah atraksi yang mampu menarik wisatawan. Apalagi karnaval ini dikemas saat momen libur Lebaran. Dengan event ini nuansa libur Lebaran makin luar biasa di Samosir," imbuhnya.

Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kementerian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuti menegaskan Sigale Gale Carnival memperkaya atraksi wisata di Samosir.

Dikatakan Esthy, agenda yang menampilkan budaya lokal itu menjadi penting untuk semakin mengangkat pariwisata Danau Toba dan efektif untuk mempromosikan destinasi pariwisata.

"Konsepnya selalu sama 3A. Aksesnya baik, amenitasnya baik lalu didukung dengan atraksi yang berstandart Internasional untuk mengundang wisatawan datang," pungkasnya.

Menurutnya, Danau Toba telah didukung akses yang sangat baik dengan adanya Bandara Internasional Silangit.

"Amenitasnya juga mumpuni, tinggal terus digenjot atraksi wisata seperti Sigale Gale Carnival ini," sebutnya.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P
loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.