Bupati Samosir Silaturahmi dengan Umat Muslim se-Kabupaten Samosir

Bupati Samosir Rapidin Simbolon bersilaturahmi dengan umat muslim. (Ist)

SAMOSIRNews - Harian

Untuk memperkokoh toleransi beragama dan menjalin silaturahmi  dalam suasana Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar acara "Halal Bihalal Bersama Umat Muslim Se-Kabupaten Samosir di Huta Raja, Desa Hariara Pohan Kecamatan Harian, Jumat (14/6/2019).

Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Ketua TP PKK Sorta Siahaan, Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat, para pejabat Pemkab, Kakan Kemenag Samosir, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Halal bihalal diawali dengan ceramah keagamaan dibawakan Ustadz Nazrul Hasibuan, yang menyampaikan bahwa perbedaan tidak jadi permasalahan untuk membangun bangsa.

"Sikap saling mengasihi merupakan kunci utama menjalani kehidupan yang rukun dan damai," tegasnya.

Ketua Panitia Karmen Sihotang dalam laporannya menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan rombongan atas inisiasinya dalam pelaksanaan acara halal bihalal itu.

"Semoga dengan kedatangan Bupati Samosir selaku pemimpin daerah memberikan motivasi bagi kemajuan masyarakat, khususnya di Desa Hariarapohan," ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh tokoh masyarakat  setempat, Adinan Sihotang, yang membeberkan bahwa pada tahun 1948 merupakan tonggak sejarah datangnya umat muslim di Samosir khususnya di Desa Hariarapohan.

"Kedatangan agama Islam, yang pertama sekali diterima oleh tiga bersaudara bermarga Sihotang," jelasnya.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan terselenggaranya halal bihalal untuk bersilaturahmi dengan seluruh umat muslim di Samosir, merupakan bentuk toleransi beragama yang kokoh di daerah pariwisata itu.

"Semua ajaran agama pada dasarnya bersifat baik, tergantung kepada orangnya yang mau mengimani ajaran-ajaran agama tersebut" ujarnya.

Ia menambahkan, kebersamaan antar umat beragama suatu kunci utama membangun Samosir ke arah yang lebih baik.

"Kita harus bersatu untuk memajukan Samosir ke arah yang lebih baik, tanpa ada perselisihan demi terwujudnya masyarakat yang lebih makmur dan sejahtera," tandasnya.

Pada akhir halal bihalal, Bupati Samosir memberikan cinderamata berupa sajadah untuk mesjid yang ada di Kabupaten Samosir.

Reporter; Candra
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.