Bupati Samosir Surati DPRD, Tolak Membahas Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018 di Parapat

Rapat  ParipurnaDPRD Samosir. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyurati DPRD Samosir menolak mentah-mentah pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2018 diadakan di salah satu hotel di Parapat, Kabupaten Simalungun.

Informasi dihimpun wartawan, sebelumnya rapat pembahasan telah digelar di Sopo Toba Hotel, Ambarita, Kecamatan Simanindo.

Selanjutnya, DPRD melalui Banmus menjadwalkan diadakan pembahasan selanjutnya bersama Banggar legislatif dengan TAPD di Inna Hotel, Parapat, Kabupaten Simalungun.

Hubungan legislatif dengan eksekutif di Kabupaten Samosir menjadi "memanas" setelah DPRD menyurati Pemkab Samosir. Meminta untuk melaksanakan pembahasan di luar Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon melalui suratnya menolak mentah-mentah surat DPRD, untuk mengadakan pembahasan di Parapat.

Akhirnya tak satupun pejabat eksekutif maupun TAPD menghadiri pembahasan di Hotel Inna Parapat, karena Bupati meminta rapat selanjutnya diadakan di Kantor DPRD Samosir.

Melalui suratnya, Bupati Rapidin menjelaskan berbagai pendapat agar pembahasan diadakan di gedung dewan setempat. Diantaranya, untuk kenyamanan bersama, aspek sosial masyarakat dan hukum.

Bupati Rapidin Simbolon ketika dikonfirmasi SAMOSIRNews, Sabtu (15/6/2019) mengatakan, agar diklarifikasi saja ke TAPD.

Sementara Wakil Ketua DPRD Samosir Jonner Simbolon membenarkan terkait surat Bupati dan pembahasan di Inna Parapat gagal karena koordinasi eksekutif yang kurang efektif. "Sebelumnya bersama TAPD telah disepakati bersama," jelasnya.

Ia menyebutkan, bahwa surat Bupati Samosir disampaikan ke DPRD, ketika Banggar legislatif telah quorum dan menunggu kehadiran eksekutif di Parapat.

Selanjutnya dijelaskan, bahwa pelaksanaan tahapan Paripurna Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2018 masih dijadwalkan kembali.


Senada dengan Jonner, Wakil Ketua DPRD lainnya, Nurmerita Sitorus juga menjelaskan bahwa Pembahasan Ranperda Pelaksanaan APBD TA 2018 tidak gagal. "Terkait surat Bupati Samosir, merupakan efisiensi," sebutnya.

Penulis; Robin N

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.