Wabup Samosir Menekankan Perlunya Pelestarian Budaya Lokal

Wabup Samosir Juang Sinaga mengharapkan agar masyarakat melestarikan budaya daerah. (Ist)

SAMOSIRNews - Harian

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga  menekankan agar era milenium saat ini diimbangi dengan memperkokoh kecintaan terhadap budaya lokal.

"Sebagai daerah pariwisata, yang telah mendunia, budaya daerah menjadi salah satu daya tarik," ujarnya saat Rakor di Kecamatan Harian, Selasa (14/5/2019).

Wabup didampingi Kadis Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Budpora) Gomgom Naibaho, Camat Haria, Kapolsek Harian, Danramil, Kepala Desa se-Kecamatan Harian, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Pejabat Struktural di Kecamatan Harian.

Juang Sinaga menyampaikan pelaksanaan rakor sangat perlu dalam rangka mempercepat pelaksanaan program kegiatan serta menyampaikan informasi penting bagi seluruh stakeholder.

Dijelaskannya, Kabupaten Samosir yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, tentu modal utamanya sektor pariwisata.

Maka menurutnya, baik dari sisi sosial masyarakat, keindahan alam dan budaya lokal sebagai anugerah terindah perlu dijaga untuk kita suguhkan dan diwariskan kepada genarasi penerus kita.

Ia mengakui, bahwa saat ini budaya daerah sudah dipengaruhi oleh budaya luar. "Maka kita perlu mengembalikan budaya tersebut ke budaya kita yang sesungguhnya," tandasnya.

Ditegaskan Juang, tanggung jawab itu harus dijalankan bersama antara pemerintah daerah dengan para tokoh adat dan masyarakat.

Reporter; Josner
Editor; Dian P

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.