Temukan Cintamu di Samosir, Festival Gondang Naposo Siap Memikat Wisatawan


Sidoli naburju dan siboru nauli, mengungkapkan cintanya di Gondang Naposo. (SAMOSIRNews/Robin)

SAMOSIRNews - Pangururan

Penikmat wisata yang berlibur di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara akhir pekan ini akan disuguhi Festival Gondang Naposo.

Event budaya ini digelar mulai Jumat 31 Mei sampai 1 Juni 2019, di lokasi wisata pasir putih Pantai Tandarabun, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.

Demikian dijelaskan Bupati Samosir Rapidin Simbolon wartawan, Kamis (30/5/2019) menjelang pelaksanaan rangkaian agenda Horas Samosir Fiesta 2019.

Dikatakannya, Gondang Naposo merupakan budaya yang dilakoni kalangan muda, dikemas dalam festival untuk menggali dan melestarikan budaya bangsa.

"Zaman dulu, bagi pemuda yang masih jomblo, gondang naposo merupakan sarana mencari jodoh," ujar Rapidin.

Namun menurutnya, bagi mereka yang sudah berpasangan tapi pingin mengenang indahnya masa berpacaran, festival gondang naposo menjadi hiburan tersendiri.

Sementara Plt Kadis Pariwisata Samosir, Daulat Nainggolan mengatakan bahwa Festival Gondang Naposo mendapat apresiasi dari kalangan milenial.

"Bukan hanya dari kalangan lokal, tapi dari luar daerah juga antusias, buktinya sudah ada 16 tim yang mendaftar," sebutnya.

Ia menambahkan, peserta festival berasal dari berbagai sanggar seni, sekolah, termasuk dari Universitas Sumatera Utara.

"Antusias kalangan muda menjadi bukti bahwa budaya leluhur masih terjaga dan terpelihara di Samosir," imbuh Daulat.

Dia memaparkan, festival Gondang Naposo merupakan event pembuka dari rangkaian acara Horas Samosir Fiesta (HSF).


Kemudian mengajak kalangan milenial untuk menunjukkan kreasinya melalui festival Gondang Naposo. "Temukan cintamu di Kabupaten Samosir," ungkap Daulat.

Selanjutnya akan dirangkai dengan  budaya lainnya yakni,Tonggo Raja, Tor-tor Marhusip, Tor-tor Hatasopisik, Tor-tor Kreasi Toba dan malam hiburan rakyat bersama Tongam Sirait.

Daulat juga mengungkapkan, untuk menghibur penikmat wisata, dihadirkan Marsada Band yang telah berhasil memukau pecinta musik Batak di nusantara dan mancanegara, kemudia grup band Naff, Sanga Pajumpang serta Hobasta Trio.

Penulis; Robin N

Loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.